Teror Klenteng di Karawang Bermotif Ekonomi

Arga sumantri - 13 Februari 2018 17:00 wib
Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto. Foto: MI/Rommy
Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto. Foto: MI/Rommy

Jakarta: Pelaku teror di Klenteng Kwan Tee Koen, Karawang, Jawa Barat, DP, 24, diketahui bermotif ekonomi. DP mengancam akan meledakkan klenteng itu jika uang yang diminta tidak dipenuhi.
 
"Motifnya ekonomi yang memanfaatkan situasi. Dia mengancam minta duit ke klenteng," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto di Komplek Mabes Polri, Selasa, 13 Februari 2018.
 
Setyo menegaskan perbuatan DP masuk kategori aksi teror. Sebab, ia mengeluarkan ancaman yang menimbulkan keresahan dan ketakutan masyarakat.
 
"Dia mengancam dengan minta duit. Kalau tidak dikirim duit, dibom. Walaupun hanya ancaman, tapi sudah teror karena menimbulkan rasa takut," ujarnya.
 
DP merupakan warga Karawang yang pernah menjadi pegawai di klenteng itu. Ia meneror pengurus klenteng dengan mengirim paket dibungkus kain merah.

Baca: Polisi Bekuk Peneror Klenteng di Karawang dalam 4 Jam

DP mengirim paket berisi tulisan dengan kalimat ancaman, 'Rp63.000.000, sejarah pembodohan uang sudah terungkap sekarang mending loe tf : ke rek gua 1091620125 (bca) atau gua bom 1n1 tempat loe.'
 
Berbekal rekaman kamera pengintai (CCTV), polisi menangkap DP dalam waktu empat jam usai insiden itu dilaporkan ke polisi. Kapolres Karawang AKBP Hendy mengatakan DP ditangkap di rumah orang tuanya, kawasan Babakan Sananga Timur, Karawang Timur, Senin, 12 Februari sekitar pukul 01.00 WIB.
 
Berdasarkan pengakuan pelaku, aksi itu dilakukan lantaran sakit hati kepada atasannya di Klenteng. Pelaku juga mengancam seorang diri.
 
"Pelaku melakukan hal ini sendiri, bukan dari kelompok mana pun," ujar Hendy kepada Medcom.id.




(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TERORISME
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 26-02-2018