Jaksa & Penyidik KPK Sewajarnya Dipersenjatai

- 19 Mei 2017 17:48 wib
Kantor KPK. Antara Foto/Hafidz Mubarak
Kantor KPK. Antara Foto/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Bantuan Hukum Medan menilai jaksa dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi sudah sewajarnya diberikan izin menggunakan senjata api. Ini untuk mengatisipasi ancaman dan teror.

"Penegak hukum tersebut perlu dipersenjatai karena menangani kasus korupsi besar yang ada di negeri ini," kata Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan Ismail Hasan Koto di Medan, Jumat 19 Mei 2017.

Dia mengatakan, korupsi merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime), sehingga perlidungan hukum terhadap jaksa dan penyidik KPK harus diberikan khusus.

"Jika ada beberapa jaksa dan penyidik KPK yang tidak mau berisiko membawa senjata api, sudah sepatutnya diberikan pengawalan khusus dari polisi," ujar Ismail.

Dengan pengawalan ekstra ketat, diharapkan mengurangi risiko penyerangan seperti yang dialami penyidik senior KPK Novel Baswedan. "Kita tidak ingin terulang lagi kasus yang dialami Novel Baswedan yang disiram air keras oleh orang tidak dikenal," ucap dia.

Ismail menjelaskan, dengan adanya izin penggunaan senjata api, pengawalan khusus dan jaminan perlindungan hukum, jaksa dan penyidik KPK bisa melaksanakan tugas penegakan hukum dengan baik
dan fokus.

"Penyiraman air keras yang dilakukan kepada penyidik KPK Novel Baswedan, dikhawatirkan berimbas bahkan menjadi teror bagi para penegak hukum lainnya," katanya. (Antara)


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KPK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 25-11-2017