DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.144.868.902 (16 AGUSTUS 2018)

Keterangan Terdakwa Penyelundup Sabu 1 Ton ke Anyer Berbelit-belit

Muhammad Al Hasan - 13 Februari 2018 09:56 wib
Persidangan kasus penyelundupan satu ton sabu ke Anyer - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Persidangan kasus penyelundupan satu ton sabu ke Anyer - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Jakarta: Kesaksian lima terdakwa penyelundup sabu satu ton ke Anyer, Banten berbelit-belit. Mereka saling lempar tanggung jawab ketika ditanya Majelis Hakim. 

"Para terdakwa suka tidak sinkron atau berbeda-beda dalam memberi keterangan. Kesannya bahwa keterangan mereka sudah disetting," ujar pengacara terdakwa Juan Hutabarat, di PN Jaksel, Senin, 12 Februari 2018. 

Kelima terdakwa yang dihadirkan seluruhnya warga negara asing asal Taiwan. Mereka adalah Tsai Cih Hung,56, kapten kapal; Juang Jin Sheng, 42, ABK; Sun Kuo Tai,36, buruh; Sun Chih Feng,39, mekanik; dan Kao Chun Yuan,43, mekanik.

Juan mengakui, kelimanya saling lempar tanggung jawab ketika hakim menanyakan tanggung jawab pelayaran dari Taiwan ke Anyer itu. 

"Tadi terlihat saling lempar ketika majelis hakim menanyakan siapa yang bertanggungjawab dalam pelayaran. Terutama pada nahkoda kapal dengan mekanik kapal," tutur dia. 

Dia mengakui keterangan ini dapat berdampak buruk salah satunya memberatkan putusan hukum para terdakwa. Meski demikian, Juan akan terus memperjuangkan meringankan hukuman terdakwa yang terancam mendapat hukuman mati itu. 

(Baca juga: Kapolri Menduga Ada Narkoba Lain di Kapal Wanderlust)

Salah satunya melakukan kerja sama dengan pihak intelijen Taiwan. Namun, hingga kini kata dia belum membuahkan fakta baru.  

"Kami meminta data atau saksi dari pihak intelijen Taiwan untuk meringankan hukuman mereka. Tapi sejauh ini belum ada," kata Juan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membongkar penyelundupan satu ton sabu dari Taiwan ke Indonesia. Sabu diselundupkan memakai perahu karet ke Anyer, Banten pada 13 Juli 2017. 

Satu tersangka bernama Lin Ming Hui tewas ditembak. Dia melakukan perlawanan ketika disergap polisi. 

Sementara tersangka lain menjalani proses hukum. Mereka adalah Tsai Cih Hung,56, kapten kapal; Juang Jin Sheng,42, ABK, Sun Kuo Tai,36, buruh; Sun Chih Feng,39, mekanik; dan Kao Chun Yuan,43, mekanik; Hsu Yong Li; Liao Guan Yu; dan Chen Wei Quan.




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NARKOBA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 16-08-2018