Sidang Praperadilan Novanto Berlanjut

M Sholahadhin Azhar - 07 Desember 2017 12:06 wib
Hakim tunggal Sidang Praperadilan Setya Novanto, Kusno - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Hakim tunggal Sidang Praperadilan Setya Novanto, Kusno - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: Hakim tunggal Sidang Praperadilan Setya Novanto, Kusno, memutuskan tetap melanjutkan sidang praperadilan. Meski, perkara Novanto sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta. 

"Kan perkara sudah dilimpahkan. Untuk itu garis pendiriannya tetap Pasal 82 huruf d (KUHAP). Baru gugur setelah pemeriksaan pokok perkara dimulai," kata Kusno dalam sidang di Ruang Utama Prof H. Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Aturan soal ini tercantum dalam Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP. Aturan penunjang tertuang dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 102/PUU-XIII/2015. 

Kusno menuturkan pemeriksaan pokok perkara dimulai saat hakim tipikor membuka sidang Novanto pertama kali. "Jadi, tak ada perdebatan di belakangan hari," kata Kusno. 

Atas putusan itu, sidang praperadilan Novanto akan dilanjutkan besok. Sidang mengagendakan jawaban KPK dan penyerahan alat bukti.

Pada Selasa, 5 Desember, KPK sudah merampungkan berkas penyidikan Novanto. Berkas telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dan dikirim ke pengadilan pada Rabu, 6 Desember. 




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KORUPSI E-KTP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017