Sulitnya Memberantas Nakoba di Kampung Boncos

Sunnaholomi Halakrispen - 14 Februari 2018 05:30 wib
Ilustrasi narkoba. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi narkoba. Medcom.id/M Rizal.

Jakarta: Polisi mengaku kesulitan untuk membersihkan Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat, dari narkoba.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Suhermanto mengatakan, tidak mudah memberantas peredaran narkoba di Kampung Boncos.

"Sangat sulit. Rabu lalu itu razia sampai malam, tapi besoknya mereka mulai jualan lagi ditemukan oleh Polsek Palmerah. Barangnya dari area Boncos. Namun kami masih mendalami kasus tersebut," kata Suhermanto kepada Medcom.id, Selasa, 13 Februari 2018.

Tim kepolisian merasa salah satu faktor kesulitan pengungkapan narkoba di Kampung Boncos karena akses jalan yang kecil dengan banyak gang sempit dan jarak dari jalan utama menuju lokasi, tidak mudah untuk dijangkau.

Para pemakai dan bandar narkoba telah memahami area mana saja yang tepat untuk menghindar dari para penyelidik. Bahkan, Suhermanto menyatakan peredaran narkoba di Kampung Boncos lebih berbahaya dibandingkan dengan Kampung Ambon.

"Boncos lebih berbahaya kalau dibiarkan. Karena, akses jalan dekat dengan jalan raya, di tengah kota, di pinggir jalan," kata Suhermanto.

Akses jalan yang dimaksud ialah garasi berwarna hitam di pinggir jalan besar atau area perbatasan yang dapat menuju ke Kampung Boncos. 

Ungkap Suhermanto, lokasi tersebut merupakan akses mudah bagi para pecandu dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat, untuk melakukan transaksi dengan pengedar narkoba dari Kampung Boncos.

Menurut salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya, peredaran narkoba di Kampung Boncos telah menjadi rahasia umum warga sekitar. Namun, mereka memilih tidak ikut campur tangan.

"Jangankan dari dulu. Sekarang masih banyak kok tuh anak-anak. Cuman ya gitu, diam-diam saja semuanya termasuk saya. Kalau dilaporin ke polisi yang ada nanti setelah mereka ditangkap, malah keluarga saya yang enggak aman," ujarnya.

Meski demikian, ia tidak ingin Kampung Boncos terus berlarut menjadi sarang narkoba. Kesedihan dirasakannya karena banyak anak kecil sebagai penerus generasi melihat perilaku negatif para pemakai yang selalu berada di kawasan tersebut.


(DEN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NARKOBA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018