Sopir Keluhkan Wacana Bangku Angkot Hadap Depan

M Rodhi Aulia - 07 Desember 2017 16:50 wib
Ilustrasi angkot - Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Ilustrasi angkot - Medcom.id/M Rodhi Aulia.

Jakarta: Format bangku angkutan umum atau angkutan kota (angkot) seperti mikrolet kebanyakan menghadap samping, bukan menghadap ke depan. Maka dari itu para sopir keberatan jika susunan bangku diubah. 

Sopir mengaku akan mengalami sejumlah kerugian. "Kalau berhadap-hadapan sewanya (kapasitas penumpangnya) semakin sedikit," kata Agus,45, salah seorang sopir jurusan Grogol-Pasar Inpres kepada Medcom.id, Kamis, 7 Desember 2017.

Agus menuturkan susunan bangku menyamping setidaknya bisa menampung 11 orang. Namun, jika menghadap ke depan, ia memperkirakan akan berkurang.

"Belum lagi kalau membawa rombongan. Biasanya kita bisa susun di tengahnya. Saat berhadap-hadapan seperti mobil pribadi, susah kita. Repot kita," ujar dia.

Agus menambahkan jumlah penumpang angkot saat ini semakin menurun. Terlebih dengan adanya angkutan online. "Untuk cari setoran saja masih susah. Apalagi pemasukan bersih untuk kita," ucap dia.

Dia berharap pemerintah dapat membuat jalan tengah untuk menyikapi ini. Ia sepakat bahwa penumpang harus mendapatkan standar kenyamanan pelayanan.

"Belum lagi kalau orang pulang dari pasar dan bawa belanjaan. Mau taruh di mana itu. Kan semakin sempit jadinya," tandas dia. 

(Baca juga: Kadishub DKI Sebut Duduk Angkot Hadap Depan tak Efektif)
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ANGKOT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017