TransJakarta akan Datangkan 101 Bus Pintu Rendah

Whisnu Mardiansyah - 14 Februari 2018 05:04 wib
Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus, Jawa Tengah, Selasa 13 Februari 2018. Foto: Medcom.id/ Whisnu Mardiansyah.
Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus, Jawa Tengah, Selasa 13 Februari 2018. Foto: Medcom.id/ Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: PT TransJakarta akan mendatangkan bus pintu rendah (low entry) pada Juni 2018. Bus-bus tersebut dirakit di pabrikan karoseri lokal PT Nusantara Gemilang, Kabupeten Kudus. 

"Ada 101 bus low entry yang kita mulai di Nusantara Karoseri ini. Bus low entry ini kulitnya dari alumunium sehingga busnya lebih ringan," kata Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus, Jawa Tengah, Selasa 13 Februari 2018.

Dalam kunjungannya ke PT Nusantara Gemilang, Budi Kaliwono menjelaskan, bus low entry yang dipesan kali ini berbeda dengan seri sebelumnya. Keseluruhan material badan bus terbuat dari aluminium.

Kata Budi, pabrikan bodi bus berbahan aluminium ini yang pertama kali di Indonesia. Aluminum Swiss berkualitas tinggi yang diimpor langsung dari pabrikan di Malaysia.

Berbeda dengan bus berbahan material baja, kerangka badan bus dibentuk tanpa ada sambungan las. Sehingga, bus lebih tahan lama setiap kali menghadapi guncangan dan suspensi.

Keunggulan material aluminium bobot bus menjadi lebih ringan dibandingkan menggunakan material logam seperti baja. Efeknya, bus mampu menampung lebih banyak bobot penumpang dan lebih irit bahan bakar.

Budi menjelaskan bus-bus pabrikan Karoseri Nusantara Gemilang telah mendapatkan sertifikasi langsung dari Mercedez Benz sebagai pemegang merek. Usia kendaraan diprediksi mencapai usia 17 tahun.

"Beli mobil tidak bisa tunjuk karoseri sembarangan. Kami pada saat tunjuk karoseri kami minta rekomendasi dari merek chasisnya," jelas Budi.

Bus dengan badan mobil yang rendah ini mampu menampung kapasitas penumpang hingga 73 penumpang. Dengan rincian 34 penumpang duduk, 37 penumpang berdiri dan 2 kursi untuk penyandang disabilitas. 

Rencananya keseluruh 101 bus ini selain disiapkan untuk angkutan non-BRT, bus ini juga dipersiapakan untuk menghadapi event Asian Games. Bus-bus digunakan untuk keperluan akomodasi para atlet dan official tim menuju venue pertandingan.


(DEN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRANSJAKARTA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018