Pemprov DKI Buat Jalur Khusus Sepeda Motor

Nur Azizah - 12 Januari 2018 18:19 wib
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota. Foto:Medcom.id/Nur Azizah
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota. Foto:Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan bakal menjalankan putusan Mahkamah Agung, mencabut larangan sepeda motor. Sebagai gantinya, Pemprov akan membuat jalur khusus untuk sepeda motor. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, jalur khusus akan dibuat di setiap sisi jalan Medan Merdeka hingga MH Thamrin. Dinas Perhubungan juga telah menyiapkan skema jalur khusus tersebut. 

"Jalur khusus motor berupa karpet kuning yang dibatasi dengan garis putih tanpa putus," kata Andri di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 12 Januari 2018.

Andri memilih tidak menggunakan separator sebagai pembatas agar lebih fleksibel. "Kalau pakai separator enggak fleksibel kalau dia mau masuk gedung atau keluar gedung. Nanti malah menimbulkan kemacetan," ujar dia.

Baca: Polisi akan Evaluasi Pencabutan Larangan Sepeda Motor di Thamrin

Andri menuturkan, pembuatan jalur khusus akan dilakukan mulai malam ini hingga satu minggu ke depan. Uji coba akan dilakukan selama kurang dari satu bulan.

"Kita mau lihat nih apa benar pengendara roda dua tertib. Nanti setelah uji coba akan kita evaluasi sebelum menentukan formulasi," terangnya.

Baca: Pergub Larangan Motor di Thamrin Digugat Sejak September 2017

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya meminta Pemprov menerapkan sistem ganjil genap untuk sepeda motor. Andri menegaskan, tak menutup kemungkinan kebijakan itu diterapkan bila evaluasi sudah dilakukan.

"Tapi nanti kita evaluasi dulu. Kalau seumpama terjadi kemacetan luar biasa, baru nanti kita kasih obat lagi, bisa dengan ganjiil genap atau pembatasan lagi," pungkas Andri.



(DMR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMBATASAN SEPEDA MOTOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018