Sandi Pesimistis Pemberlakuan Sistem Online LPJ RT/RW Sukses

Haifa Salsabila - 07 Desember 2017 09:47 wib
Gubernur dan Wagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno/ANT/Galih Pradipta
Gubernur dan Wagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno/ANT/Galih Pradipta

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pesimistis penerapan sistem online untuk laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana operasional RT/RW sukses. Tak sedikit petugas RT/RW belum akrab dengan teknologi.

"Sebagian dari mereka belum melek teknologi.  Masih gagap teknologi jadi sebagian sudah bisa banget sebagian belum," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017.

Baca: Sandi Sebut Laporan Pertanggungjawaban Membebani Ketua RT/RW

Sandi menjelaskan, persoalan LPJ dana operasional RT/RW melibatkan berbagai pihak. Dampaknya, berbagai persoalan sangat mungkin muncul.

"Jadi kita enggak bisa generalisasi. Enggak bisa kita pukul rata semuanya," tegas dia.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan LPJ dana operasional RT/RW tidak perlu dihapus seperti rencana awal Gubernur Anies Baswedan. Apabila tak ingin membebani ketua RT/RW, sistem LPJ cukup disederhanakan format maupun tata caranya.

Baca: Dana Operasional RT/RW tidak Perlu LPJ

LPJ, terang bekas pelaksana tugas gubernur DKI itu, bisa menggunakan selembar laporan melalui lurah dan bisa pula dikirim melalui email.

"Kuitansi bisa di-upload dan dicek ke lapangan (bila diperlukan). Teknisnya diserahkan ke pemda untuk mengaturnya, yang paling memudahkan dan realistis tidak memberatkan RT/RW" ujar Sumarsono.


(OJE)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMPROV DKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017