Besok, Anies Putuskan soal Penghapusan LPJ RT dan RW di DKI

Achmad Zulfikar Fazli - 06 Desember 2017 22:17 wib
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: ANT/Rosa Pangabean
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: ANT/Rosa Pangabean

Bogor: Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan, penghapusan kewajiban Ketua RT dan RW dalam membuat laporan pertanggungjawaban masih dalam proses perencanaan. Pemprov DKI akan memutuskan masalah penghapusan itu besok.

"Hari Kamis baru final. Sekarang sedang dalam proses," kata Anies di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 6 Desember 2017.

Ia pun menyesalkan rencana ini sudah terlanjur ramai di publik. Padahal, kata dia, Pemprov DKI belum memutuskan apapun.

"Jadi ada empat itu, ada dewan kota, LMK, RT dan RW. Itu berbeda-beda: Itu lagi ditata sekarang. Cuma kemarin itu kan lagi ngobrol, sudah ramai,” ujar dia.

Baca juga: Alasan Anies Hapus Kewajiban RT Bikin LPJ

Bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menegaskan, prinsip utama dalam anggaran adalah menjaga akuntabilitas. Selain itu Pemprov DKI akan tetap mengikuti arahan dari pemerintah pusat.

"Makanya kalau lagi obrolan warga diliput itu ramai jadinya. Enggak apa-apa, tapi yang penting adalah prinsip akuntabilitas dijaga. Saya akan memastikan semua anggaran yang dititipkan negara mengikuti aturan keuangan dari pemerintah,” pungkas dia.

Baca juga: Sandi Sebut Laporan Pertanggungjawaban Membebani Ketua RT/RW

Sebelumnya, Anies berencana menghapus kewajiban pembuatan LPJ bagi Ketua RT/RW. Alasannya, Anies mengaku percaya ketua RT/RW menggunakan dana operasional dengan baik.
 
"Kita ingin membuat ketua RT/RW bisa lebih fokus pada pelayanan dari pada administratif," kata Anies, Selasa, 5 Desember 2017.

Diketahui, Tahun 2018, dana operasional RT/RW naik yang sebelumnya Rp1,5 juta menjadi Rp2 juta per bulan. Sementara untuk RW menjadi Rp2,5 juta dari Rp2 juta per bulan.

 


(CIT)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DKI JAKARTA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017