Kemendagri Coret Dana Bantuan Parpol di APBD DKI 2018

Nur Azizah - 06 Desember 2017 16:08 wib
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono - MTVN/Lis Pratiwi.
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono - MTVN/Lis Pratiwi.

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri RI masih melakukan evaluasi terhadap APBD DKI Jakarta 2018. Ada sejumlah pos anggaran yang tak disetujui salah satunya dana bantuan untuk partai politik. 

"Nah itu bagian yang sekarang menjadi sorotan juga. Naik dari Rp400 ke Rp4.000. Aturan nasional kan kenaikan hanya Rp1.000," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Dalam APBD DKI 2018 Pemprov DKI menganggarkan dana bantuan sebesar Rp4.000 per surat suara per partai. Pemberian bantuan keuangan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 2027 Tahun 2017 tentang Pemberian Hibah, Bantuan Sosial, dan Bantuan Keuangan Dalam Bentuk Uang Kepada Individu, Keluarga, Masyarakat, Kelompok Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Pemerintah Daerah Lain dan Pemerintah serta Partai Politik.

Sumarsono menyebut kenaikan dana itu melebihi kenaikan bantuan yang diberikan pemerintah pusat. Berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Parpol bantuan dana parpol sebesar Rp1.000 per suara.

Sumarsono menegaskan Kemendagri bakal mencoret dana itu. Dia menegaskan Pemprov DKI harus mengikuti aturan nasional.

"Tiba-tiba memberikan Rp4.000, itu angka yang berlebihan. Pokoknya seluruh APBD kami corat-coret," tandas dia.

Setelah evaluasi selesai dan diserahkan kembali, Sumarsono meminta Pemprov mengganti berdasarkan rekomendasi yang sudah diberikan. "Ganti, sempurnakan sesuai rekomendasi. Jadi tidak punya hak jawab lagi," pungkas dia. 
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APBD DKI 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017