Pemprov DKI Ajak Pasangan Nikah Siri Ikut Nikah Massal

Nur Azizah - 07 Desember 2017 14:30 wib
Ilustrasi--Sejumlah pasangan pengantin berdiri di pelaminan usai mengikuti nikah massal di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu (27/9)--Antara/MOHAMAD HAMZAH
Ilustrasi--Sejumlah pasangan pengantin berdiri di pelaminan usai mengikuti nikah massal di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu (27/9)--Antara/MOHAMAD HAMZAH

Jakarta: Kegiatan nikah massal yang diadakan Pemprov DKI Jakarta tak hanya untuk pasangan yang belum menikah. Pasangan nikah siri pun bisa ikut mendaftar.

"Ini kan bukan nikah saja tapi juga untuk itsbat nikah. Itsbat itu sudah nikah lama sudah punya anak, tapi belum tercatat dalam dokumen kependudukan," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Premi Lasari saat dihubungi, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2017.

Nikah massal ini membantu pasangan nikah siri melegalkan dalam dokumen pernikahan. Adapun persyaratan untuk mengikuti acara tersebut ialah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI. 

"Nah sekarang sudah bisa urus. Nanti lurah akan melakukan pendataan, siapa saja yang mau ikut," ujar dia.

Baca: DKI akan Gelar Nikah Massal Gratis
 
Setelah pendataan selesai, Pemprov akan menyiapkan jumlah penghulu. Nantinya, seluruh peserta akan dinikahkan di KUA Menteng. "Walaupun kamu tinggal di Gandaria tetap saja harus nikah di KUA Menteng. Karena kan nikahnya di Thamrin 10, kekuasaannya di KUA Kecamatan Menteng," ungkapnya

Setelah menikah, para peserta diajak ke tempat resepsi Park and Ride Thamrin, Jakarta Pusat. Acara akan dimeriahkan dengan penampilan seni dan bazar kuliner.

"Nanti ada tempat pelaminan adat Betawi. Kalau mau foto-foto pernikahan kita siapkan stand pelaminannya," pungkasnya.

Baca: Anies Minta Peserta Nikah Massal Mendaftar di Kelurahan
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar nikah massal gratis pada akhir tahun 2017. Warga cukup mendaftarkan diri serta menyerahkan berkas administrasi.
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, banyak orang yang akan mengingat pernikahan tersebut. Sebab, nikah pada malam tahun baru menjadi momen yang berkesan.



(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERNIKAHAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017