Tipu Warga Rp10 Juta, Petugas PLN Gadungan Diringkus

Deny Irwanto - 12 Oktober 2017 17:03 wib
Ilustrasi. Foto: Antara/Tommy Saputra
Ilustrasi. Foto: Antara/Tommy Saputra

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap petugas PLN gadungan bernama Darmin, 31. Dalam aksinya, Darmin kerap melakukan penipuan terhadap warga dengan modus akan mengganti KWH meteran pasca bayar ke pra bayar.
 
Untuk memuluskan aksinya, Darmin kerap bermodalkan surat perintah penugasan dan kartu identitas karyawan PLN palsu.
 
"Mereka pelajari lewat surat kabar, internet, dia pelajari lalu dipalsukan. Dia pelajari semua dari situ," kata Kanit 2 Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Indra Ranudikarta di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis 12 Oktober 2017.

Baca: Pelanggan PLN Banyak Beralih ke Prabayar

Indra menjelaskan, Darmin sudah melakukan aksinya sejak 10 Agustus 2017 hingga 13 September 2017. Dalam kurun waktu tersebut, Darmin mengelabui 18 warga yang berdomisili di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.
 
"Pelaku menyarankan korbannya mengganti KWH meteran lama ke KWH meteran baru. Selanjutnya, pelaku menjelaskan biaya penggantian seharga Rp850 ribu, plus asuransi dan garansi Rp450 ribu, dengan total Rp1,3 juta," jelas Indra.
 
Darmin mengaku melakukan survei untuk menetapkan calon korbannya. Darmin mengaku hanya bermodal kemampuan berbicara untuk menipu calon korbannya.
 
"Yang penting modal lihat meteran lama saja lalu saya janjikan (ganti kotak KWH meteran baru)," kata Darmin.

Baca: Tiga Syarat Agar Pelanggan Raih Kompensasi Listrik dari PLN

Selama menjalankan aksinya, Darmin telah mendapatkan keuntungan hampir sebesar Rp10 juta. Penangkapan Darmin dilakukan setelah polisi menerima laporan dari seorang karyawan PLN bernama Sugeng Widodo pada 18 September 2017.
 
Setelah mendalami laporan tersebut, polisi membekuk Darmin di rumah kontrakan di Jalan Melati Kosan, Pondok Gede, Duren Jaya, Bekasi Timur pada Senin 9 Oktober 2017.
 
Atas perbuatannya itu, Darmin dijerat Pasal 378 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.
 


(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENIPUAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-10-2017