Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Pemprov DKI Targetkan 1,9 Juta Anak Divaksin Difteri Tahun Ini

Whisnu Mardiansyah - 04 Januari 2018 02:53 wib
Gubernur DKI Anies Baswedan--Antara/Khairun Nisa
Gubernur DKI Anies Baswedan--Antara/Khairun Nisa

Jakarta: Dari tahun ke tahun jumlah kasus difteri di Jakarta semakin meningkat. Pemprov DKI menargetkan 1,9 juta anak divaksinasi difteri hingga akhir tahun 2018.

"Kasus difteri jadi persoalan yang penting dan genting ditangani di Jakarta. Hingga akhir 2017 ada 109 kasus difteri," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 3 Januari 2018.

Tercatat ada 622 ribu anak usia 1-19 tahun telah divaksin  dari target awal 1,2 juta vaksinasi hingga akhir tahun 2017. Namun, kemarin Pemprov DKI baru memfokuskan ke dua titik wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang membahas banyak ditemukan kasus difteri.

Baca juga: Difteri di DKI Masuk Kejadian Luar Biasa

Tahun ini, Pemprov DKI memperluas jangkauan vaksinasi difteri ke seluruh wilayah Ibu Kota dengan target meningkat. Program vaksinasi difteri tahun ini akan mendapat sokongan dari Kementerian Kesehatan.

"Kita putusan akan diteruskan ke seluruhnya bukan hanya 1,2 juta tapi 1,9 anak dengan bantuan dari Kemenkes," ujar dia.

Baca juga: Pemprov DKI Minta Biofarma Prioritaskan Vaksin untuk Ibu Kota

Anies juga berpesan kepada warga Jakarta tak perlu panik dengan penyebaran difteri. Ia meminta warga cukup mewaspadai saja dan cepat merespon jika ditemukan indikasi adanya seseorang yang terjangkit difteri.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah berkirim surat kepada Biofarma untuk memprioritaskan pasokan vaksin di Ibu Kota. Sehingga, vaksinasi difteri di Jakarta bisa dilakukan secara masif. "Bioframa memberikan prioritas dan Kemenkes memberikan dukungan vaksin multidos bisa diawalkan," jelasny


(CIT)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KLB DIFTERI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-07-2018