DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Anies akan Cek Penggunaan Air Tanah di Permukiman

Nur Azizah - 12 Juli 2018 15:48 wib
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menginspeksi permukiman terkait penggunan air tanah dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Sidak ini akan dilakukan setelah inspeksi terhadap kawasan industri selesai.
 
Saat ini, Pemprov DKI fokus menggelar inspeksi terhadap 40 bangunan di Jakarta Timur dan 40 bangunan di Jakarta Barat. Inspeksi ini sudah berjalan sejak Senin 9 Juli hingga 20 Juli 2018.
 
"Ada ratusan ribu rumah di Jakarta dan semua harus mulai mengurangi penggunaan air sumur, bukan lagi pakai dari air tanah," kata Anies di Hotel Four Poins, Jakarta Pusat, Kamis 12 Juli 2018.

Baca: Lemahnya Penindakan Penggunaan Air Tanah

Anies menuturkan, penggunaan air tanah secara terus menerus akan menurunkan permukaan tanah di Jakarta. Dalam setahun permukaan tanah di Ibu Kota turun hingga 7,5 sentimeter.
 
"Bahkan beberapa wilayah itu turun sampai 17 sentimeter per tahun. Dan, 40% area di Jakarta berada di bawah permukaan air laut. Jadi, seluruh warga harus mengubah cara mendapatkan dan cara membuang air," ungkapnya.
 
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini berharap dengan adanya inspeksi, Pemprov DKI dapat memiliki data pemakaian air tanah secara akurat dan lengkap. Hingga saat ini, yang sudah masuk dalam zona kritis dan rusak yakni kawasan Pulogadung dan Daan Mogot.
 
"Kita menginginkan ada pencatatan yang lebih baik sehingga manajemen pengelolaan air bisa dilakukan sesuai porsinya," pungkasnya.


(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AIR TANAH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018