Anies-Sandi Disarankan Tiru Gaya Kepemimpinan Ahok-Djarot

- 11 Oktober 2017 13:46 wib
Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyampaikan pidato usai ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih. (Foto: MI/Ramdani)
Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyampaikan pidato usai ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih. (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan tim pemenangan Ahok-Djarot Ruhut Sitompul menyarankan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih Anies-Sandi meniru gaya kepemimpinan Basuki dan Djarot saat memimpin DKI Jakarta. Tak cuma Basuki dan Djarot, sosok Joko Widodo yang juga pernah menjabat sebagai gubernur DKI juga patut dicontoh.

"Yang kita lihat kan 3 figur sebelumnya; Jokowi, Ahok, Djarot itu melayani, tidak jaim. Tiga tokoh ini terkenal dengan tidak jaim, kejujurannya, rendah hati, dan tegas. Kalau Anies-Sandi bisa begitu kita dukung," kata Ruhut, dalam Prime Talk, Selasa 10 Oktober 2017.

Ruhut meyakini bahwa Anies-Sandi bisa melakukannya. Hanya tinggal mencoba dan masyarakat DKI mendoakan agar kedua pemimpin Jakarta yang baru itu bisa menunjukkan sikap positif yang pernah ditunjukkan oleh kepemimpinan sebelumnya.

Pertimbangan lain, kata Ruhut, Jakarta adalah miniaturnya Indonesia di mana masyarakatnya sangat kritis terutama dalam hal lapangan pekerjaan. Dia pun berharap lapangan kerja yang sudah ada diteruskan dan tetap difungsikan seperti biasanya. Misalnya keberadaan pasukan oranye, pasukan hijau, dan lainnya.

"Belum lagi yang lain seperti masalah kesejahteraan. Jadi ikutlah gaya Ahok dan Djarot yang jemput bola ke bawah," katanya.

Namun, mantan tim pemenangan Anies-Sandi Anggawira mengatakan menjadi pemimpin DKI Jakarta tentu ada masanya. Ia menilai Anies-Sandi memiliki gaya kepemimpinan sendiri untuk memerintah DKI.

"Anies-Sandi punya gaya sendiri yang sudah melalui proses. Kepemimpinan di DKI juga merupakan ujian bagi keduanya yang mungkin bisa naik (tingkat) lagi," ungkap Angga.

Meski begitu, khusus untuk gaya blusukan yang pernah dilakukan oleh para pendahulunya, Angga mengatakan Anies-Sandi membuka ruang untuk itu. Bahkan dia menyebut energi lebih Sandiaga yang memang banyak turun ke masyarakat menjadi bukti bahwa hal positif yang diwariskan kepemimpinan sebelumnya akan tetap dijalankan.

"Jadi memang komunikasi langsung ke masayarakat adalah cara yang paling efektif untuk mengetahui apa problem di masyarakat dan memberikan solusinya secara langsung," jelas Angga.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GUBERNUR DKI JAKARTA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017