Pendidikan Seksual Anak Harus Jadi Perhatian

- 12 Januari 2018 13:15 wib
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Jakarta: Sekjen Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Henny Hermanoe menilai pendidikan seks harus diperkenalkan kepada anak sejak dini. Bisa dimulai saat anak memasuki usia sekolah taman kanak-kanak.

Orang tua khususnya perlu memberikan pemahaman pada anak bahwa ada bagian-bagian tubuh tertentu yang sangat dilarang untuk disentuh oleh orang lain. Pun ketika anak bertanya tentang hal berbau seksualitas, orang tua harus menjelaskannya bukan menghindarinya.

"Supaya ketika anak-anak mengalami (kekerasan seksual) itu dia enggak cuma merasakan sakit tetapi dia tahu bahwa dia telah menjadi korban sehingga bisa menyampaikannya ke orang tua," kata Henny, dalam News Story Insight (NSI), Kamis 11 Januari 2018.

Senada dengan Henny, Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif menyebut pendidikan seks pada anak harus menjadi perhatian orang tua. Ajarkan anak mana organ tubuh yang tidak boleh disentuh oleh siapa pun.

Sabilul mengatakan pendidikan seksual pada anak bukanlah hal yang negatif melainkan dapat menjadi hal positif yang bisa mencegah anak menjadi korban kekerasan seksual.

"Artinya apabila ada orang yang melakukan hal-hal aneh tersebut dia bisa menolak, teriak, dan bercerita. Orang tua dan lingkungan juga harus peduli pada anak apabila ada kejadian yang tidak wajar," katanya.

Selain itu, Sabilul meminta orang tua juga lebih jeli dalam memberi perhatian pada anak. Ketika ada perubahan sikap, jangan ragu untuk bertanya. Sebab hal itu mungkin menjadi tanda bahwa anak telah menjadi korban kekerasan seksual.

Pun kontrol sosial masyarakat juga harus terus dibangun. Ketika ada warga pendatang, jangan segan untuk melakukan pemeriksaan dan terus berkomunikasi.

"Anak-anak juga jangan dibiarkan menghabiskan waktu dengan orang lain, harus lebih peduli pada anak. Jangan merasa senang kalau anak menghabiskan waktu dengan orang lain apalagi sampai tidak pulang," pungkasnya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEKERASAN SEKSUAL ANAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018