Anies Diminta Buktikan Proyek Normalisasi Berjalan Tanpa Relokasi

Whisnu Mardiansyah - 12 Oktober 2017 08:34 wib
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Salahudin Uno. ANT/Hafidz Mubarak.
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Salahudin Uno. ANT/Hafidz Mubarak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan diminta melanjutkan program normalisasi sungai yang dilakukan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Apalagi, selama kampanye Anies berjanji akan melanjutkan program tersebut tanpa merelokasi warga.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna meminta Anies-Sandi bisa membuktikan proyek normalisasi berjalan tanpa relokasi. Yayat menyebut, konsep yang akan dikerjakan harus jelas sehingga gampang diimplementasikan.

"Itu harus jelas konsepnya. Supaya apa yang dijanjikan dengan apa yang dipraktekkan bisa bersinergi atau tidak," kata Yayat kepada Metrotvnews.com, Rabu 11 Oktober 2017.

Terlebih, kata Yayat, proyek normalisasi di era pemerintahan Anies-Sandi akan sedikit mengalami kendala dari sisi anggaran. Setelah tahun depan pemerintah pusat tak lagi mengucurkan anggaran untuk proyek ini.

Ditambah lagi anggaran Pemprov DKI untuk pembebasan lahan proyek normalisasi berkurang. Terjadi penurunan jumlah anggaran dari yang diajukan Dinas Tata Air.

"Kalau terjadi pengurangan dari biaya yang diajukan berarti keberlanjutan dari normalisasi akan menjadi masalah," jelasnya.

Yayat mengusulkan Anies-Sandi bisa memadukan proyek normalisasi dengan program unggulan mereka, DP nol persen. Warga yang terkena dampak normalisasi diprioritaskan mengikuti program ini.

"Apakah bisa upaya pemindahan penduduk itu ditangani dengan konsep DP nol," tutupnya.


 


(DRI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NORMALISASI SUNGAI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-10-2017