DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Rusun DP Rp0 Dijual Juli

Nur Azizah - 27 April 2018 11:36 wib
Warga melihat maket Klapa Village, proyek perumahan DP Rp0, yang menjadi salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Foto: MI/Ramdani.
Warga melihat maket Klapa Village, proyek perumahan DP Rp0, yang menjadi salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Penjualan hunian dengan uang muka (DP) Rp0 akan dimulai di kuartal ketiga, Juli hingga September 2018. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI masih menyiapkan skema penjualan.

"Ini kita harapkan mungkin pertengahan sampai kuartal ketiga ini kita mulai bisa pembukaan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 27 April 2018.

Menurut dia, kendati belum dijual, sudah ada 7.000 warga yang memesan hunian DP Rp0 di Klapa Village, Jakarta Timur. Sementara itu, 2.000 warga memesan rumah tapak DP Rp0 di Rorotan, Jakarta Utara.

"Itu kita bisa tabulasi. Begitu kita buka secara resmi, nanti data-data tersebut akan kita pastikan sesuai dengan mekanisme dan parameter yang kita inginkan," ungkap dia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra bakal menggandeng sejumlah pengusaha untuk turut membangun hunian DP Rp0. Hal ini untuk mencapai target 250 ribu hunian selama lima tahun.

"Ada juga pola-pola kolaborasi yang kita tawarkan ke dunia usaha," imbuh dia.

Pada 16 April 2018, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Unit Pelaksana Teknik Hunian DP Rp0. Saat ini, pihaknya telah mencari personalia untuk menduduki sejumlah posisi.

Terkait skema pembayaran, Sandi masih mengkaji. Dia mengatakan hunian DP Rp0 juga harus dilengkapi dengan skema tanpa fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Sandi menyampaikan kapasitas skema pembiayaan melalui FLPP terbatas. Sementara itu, Pemprov berniat membangun sekitar 250 ribu unit rusun, termasuk DP Rp0.

"Ini harus dilengkapi sehingga skema pembiayaannya non-FLPP itu bukan hanya FLPP  yang kapasitasnya sedikit. Tapi, juga yang bisa menampung non-FLPP," tegas dia.

Baca: DP 0% dan DP Rp0 Serupa tapi tak Sama

Suami Nur Asiah ini berharap cara tersebut dapat menampung skema pembiayaan yang sama dengan FLPP. Untuk pembiayaannya sendiri, Sandi berencana merogoh kocek APBD DKI Jakarta.

"Kalau yang di luar FLPP kita sebut sebagai FLPP DKI, ya harus dianggarkan dari APBD," ungkap dia.

FLPP adalah program milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program ini dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin membeli rumah dengan harga terjangkau.

Dengan subsidi tersebut, MBR mendapatkan bunga rendah, yakni 5 persen, dibanding bunga pasar yang berkisar 9-13 persen. Bunga 5 persen berlaku tetap hingga jangka waktu 20 tahun.


(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HUNIAN DP 0%
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 19-10-2018