DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Ombudsman Tagih soal Tanah Abang

Nicky Widadio - 16 Mei 2018 08:14 wib
Tenda PKL Tanah Abang - MI/Rommy Pujianto.
Tenda PKL Tanah Abang - MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Dominikus Dalu, menyambangi DPRD DKI Jakarta guna memastikan informasi soal pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018. Pembahasan perubahan anggaran itu akan berdampak pada pembangunan jembatan layang (skybridge), juga pembukaan Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang.

Pasalnya, Dominikus menyebut Anies menjanjikan kepada Ombudsman bahwa proses pembahasan APBD-P bisa rampung pada Juli mendatang.

Namun, dalam pertemuan itu, ada perbedaan informasi antara yang dijanjikan Anies dan yang disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Muhammad Taufik. 

Menurut Taufik, pembahasan antara eksekutif dan legislatif biasanya baru berlangsung pada bulan Juni hingga Juli. Sementara itu, eksekusi program melalui APBD-P biasanya baru dimulai pada September. 

(Baca juga: Sandiaga Ingin Pedagang Tanah Abang Berjualan Mobile Saat Ramadan)

"Ini (APBD-P) kan masih lama, kita ingatin mereka sebaiknya tetap dibuka seperti biasa. Kalau APBD-P dibahas Mei ini kan selesainya paling lama Juli. Tapi setiap tahun APBD-P selesai di akhir tahun. Cuma, karena itu yang dijanjikan Pak Gubernur bahwa dia akan mempercepat, ya kita tagih janji itu," kata Dominikus di DPRD DKI Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018. 

Ombudsman akan segera menggelar rapat internal untuk memastikan keputusan mereka terkait dengan Jalan Jatibaru Raya. Sebab, jika menunggu skybridge selesai dibangun, Jalan Jatibaru Raya kemungkinan baru bisa dibuka akhir tahun mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menuturkan pihaknya masih berupaya mempercepat pembangunan skybridge. Pemprov DKI telah memutuskan untuk tetap menggunakan APBD-P dalam membangun skybridge. Namun, anggarannya akan dikucurkan melalui penyertaan modal daerah (PMD) kepada PD Sarana Jaya yang menerima penugasan.

"Kalau saya menjadi CEO di PD Sarana Jaya, saya akan mulai bergerak dari sekarang karena sudah dapat kepastian akan disuntik melalui APBD-P," tutur Sandiaga.

(Baca juga: Anies Diminta Objektif Menata Kawasan Tanah Abang)




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TANAH ABANG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 18-10-2018