Pemalsu Rekomendasi RT/RW Bisa Dipidana

Nur Azizah - 14 September 2017 12:12 wib
Ilustrasi--Parkir liar di kawasan Kebon Kacang. Foto: MTVN/Ilham Wibowo
Ilustrasi--Parkir liar di kawasan Kebon Kacang. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Penerbitan surat jaminan kepemilikan garasi bagi pemilik mobil harus melewati rekomendasi RT dan RW. Penerbitan rekomendasi akan diatur dalam Peraturan Gubernur.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pemalsu surat rekomendasi terancam pidana. Pasal penipuan. "Nanti akan diatur di Pergub," kata Sigit di Jakarta, Kamis, 14 Agustus 2017.

Sigit menyampaikan, Pergub akan menerangkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis terkait aturan kepemilikan garasi. Saat ini, Pemprov DKI masih fokus melakukan sosialisasi kepada warga.

"Kalau untuk sanksi belum ditetapkan. Kami masih fokus sosialisasi kalau pengajuan STNK itu harus menunjukkan surat kepemilikan garasi yang diterbitkan oleh lurah," terangnya.

Baca: Komentar Dirlantas Soal Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meminta pengendara yang hendak membeli mobil melampirkan surat keterangan memiliki garasi. Meskipun peraturan ini baru gencar disosialisasikan saat ini, Djarot mengatakan aturan tersebut sudah ditetapkan sejak lama.
 
Aturan mengenai kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil pribadi mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILIK MOBIL WAJIB PUNYA GARASI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017