Djarot Pamer Indeks Pembangunan Manusia Jakarta

Intan fauzi - 13 September 2017 20:17 wib
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: MTVN/Lukman
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: MTVN/Lukman

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat membanggakan indeks pembangunan manusia (IPM) di Jakarta yang diklaim terus meningkat. IPM Provinsi DKI Jakarta pada 2013 tercatat 78,08 dan meningkat menjadi 79,60 pada 2016.
 
Hal itu diungkapkan Djarot saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) Gubernur tahun 2013-2017 dalam rapat paripurna.

Baca: Peningkatan IPM Indonesia di Tengah Tingginya Ketimpangan

"Selama lima lima tahun terakhir IPM terus mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan," kata Djarot di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu 13 September 2017.
 
Angka IPM Jakarta melebihi rata-rata IPM tingkat nasional sebesar 69,24. Djarot mengatakan, pencapaian IPM Jakarta merupakan yang tertinggi secara nasional di tingkat provinsi.
 
"Hal ini mengindikasikan besarnya kesempatan masyarakat DKI Jakarta untuk mendapatkan pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan peningkatan pendapatan," ujar Djarot.

Baca: Indeks Pembangunan Manusia RI Raih Performa Baik di Asia Pasifik

Djarot membandingkan IPM dari berbagai negara dan kota di dunia internasional, IPM Indonesia masuk kategori medium human development. Sedangkan pada level kota, Jakarta berada pada kelompok high human development. Capaian itu, kata Djarot, menunjukkan bahwa Jakarta berada pada jalur pembangunan yang tepat.
 
"Pembangunan di bidang ekonomi, sosial, dan infrastruktur kota yang telah kita programkan dan kerjakan berhasil meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat. Menempatkan manusia sebagai titik sentral pembangunan, serta tidak hanya mengedepankan pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga memperhatikan aspek kesejahteraan masyarakat," katanya.


(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMPROV DKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017