Dishub Tolak Rute TransJakarta Ragunan-Monas Lewat Antasari

Yanurisa Ananta - 15 November 2017 08:38 wib
Ilustrasi--MI/Panca Syurkani
Ilustrasi--MI/Panca Syurkani

Jakarta: Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menolak penghentian sementara rute bus PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Ragunan-Monas via Semanggi. Diketahui TransJakarta menghentikan sementara operasi bus rute Ragunan-Monas via Semanggi, mulai Senin 20 November 2017.

TransJakarta mengganti rute tersebut via Jalan Pangeran Antasari. "Sikap Dishub menolak kalau pun nanti mereka mengajukan trayek baru itu sifatnya penambahan. Bukan yang existing dikurangi,” ujar Sigit, Selasa 14 November 2017.

TransJakarta memodifikasi rute untuk menyiasati proyek underpass di Mampang Prapatan. Dengan perubahan rute via Antasari, perjalanan dianggap lebih cepat dibandingkan dengan melalui Semanggi.

Baca: Sandi bakal Instruksikan TransJakarta Mencari Rute Bebas Macet

Melalui Humas TransJakarta Wibowo, TransJakarta memprediksi perjalanan via Antasari hemat satu jam, dari biasanya dua jam menjadi hanya satu jam.

Kendati demikian, Alasan itu tidak diterima Dishubtrans. Alasan waktu tempuh yang bisa tereduksi tidak bisa menjadi alasan perubahan rute. Pasalnya, animo masyarakat akan rute Monas-Ragunan via Semanggi sudah mulai banyak, sehingga pola perjalanan sudah terbentuk.

“Jadi tidak hanya semata waktu tempuh yang bisa direduksi. Kita kan sekarang sudah membentuk pola perjalanan orang di mana animo naik dan pola perjalanan terbentuk,” ujarnya.

Kajian yang dilakukan TransJakarta pun dinilainya masih temporer alias belum komprehensif. Untuk itu, Dishub menolak memberikan izin pemberlakuan trayek baru untuk pengurangan rute eksisting.

Pihak TransJakarta menyebut telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dishub DKI. Rute baru ini akan melayani Halte Ragunan, Kementerian Pertanian, Halte Bundaran Senayan, Halte Gelora Bung Karno, Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Rute sebaliknya, Monas-Ragunan via Semanggi, juga dimodifikasi menjadi Monas-Semanggi via Tendean (Koridor 13). Perubahan kedua layanan ini dilakukan mulai 20 November mendatang.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRANSJAKARTA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017