Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Jumlah Pengguna TransJabodetabek Bekasi Meningkat 20%

Dhaifurrakhman Abas - 14 Maret 2018 09:27 wib
Pengawas pengendali Jalur seluruh premium PPD Dhedie Rasmana Putra--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.
Pengawas pengendali Jalur seluruh premium PPD Dhedie Rasmana Putra--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Bekasi: Jumlah penumpang TransJabodetabek Premium dari Mega Bekasi Hypermall tercatat meningkat. Peningkatan di hari ketiga pemberlakuan ganjil genap itu mencapai 20 persen.

"Sedangkan hari pertama 10 persen, dan kemarin, hari kedua, 15 persen," kata pengawas pengendali jalur seluruh premium PPD Dhedie Rasmana Putra, di Mega City, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 14 Maret 2018. 

Dhedie mengatakan, terhitung mulai beroperasi sejak pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.50 WIB, total penumpang Transjabodetabek via Mega Bekasi Hypermall-Jakarta berjumlah 250 orang. Penumpang membludak naik bus antara pukul 05.30 WIB sampai 07.00 WIB.

"Mungkin itu jam berangkat paling ideal ke Jakarta. Sehingga di jam-jam tersebut penumpang membludak," ucapnya.

Sementara itu, Dhedie menyebut, total pengguna Transjabodetabek dari seluruh akses Bekasi-Jakarta di hari pertama penerapan sistem ganjil-genap berjumlah 400 orang. Sementara di hari ke dua total penumpang sebanyak 480 orang.

"Itu terhitung sejak awal operasi pukul 05.20 WIB sampai 09.10 WIB. Untul hari ke tiga belum diakumulasi," ujarnya.

Baca: Ganjil Genap akan Diperluas ke Tangerang

Dhedie membeberkan, pengguna Transjabodetabek paling banyak merupakan penumpang yang bertujuan dari Bekasi ke Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Sementara penumpang dengan tujuan Podomoro paling sediki diminati dengan jumlah satu penumpang.

"Karena penumpang sedikit, biasanya bus yang disiapkan ke Podomoro kita alihkan ke tujuan Plaza Senayan," bebernya.

Dhedie mengatakan trayek TransJabodetabek via Mega Bekasi Hypermall sebetulnya sudah berlaku sejak empat bulan lalu. Jumlah armada bertambah sejak pemberlakuan kebijakan sektor lalu lintas tersebut.

"Totalnya di Mega Bekasi Hypermall ada 12 Bus. Sebelum ada ganjil genap itu awalnya tiga, sekarang tambah lima, terakhir (tambah) dua. Untuk trayek ke Senayan jadi delapan, untuk Grogol empat," jelas Dhidie.



Dhedie mengimbau pengguna TransJabodetabek tidak membuang tiket bus yang telah dibeli. Terutama pengguna kendaraan pribadi yang beralih menggunakan TransJabodetabek.

Tiket masih dapat digunakan untuk membayar biaya kantong parkir dengan tarif flat Rp10 ribu sepanjang hari. Itu berlaku untuk pengendara yang ingin menitipkan kendaraannya di Mega Bekasi Hypermall.

"Pihak Bekasi Hypermall sudah menyediakan tempat parkir khusus bagi masyarakat yang ingin menggunakan Transjabodetabek Premium. Lokasinya di P2A dan mampu menampung 130 sampai 160 unit mobil," ucap Dhedie.

Angkutan umum yang disediakan pemerintah itu menjadi penunjang aktivitas warga sejak kebijakan ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur resmi diberlakukan, Senin, 12 Maret 2018.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TOL CIKAMPEK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 25-06-2018