DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

Ganjil Genap di DKI Disarankan Diperluas

Nur Azizah - 16 April 2018 17:24 wib
Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi di Jakarta. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi di Jakarta. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan meminta Pemprov DKI Jakarta memperluas pemberlakuan sistem ganjil genap. Namun, belum diketahui hingga kapan dan di mana perpanjangan sistem itu dilakukan.

"Tadi saya koordinasi, walaupun informal. Dia (BPTJ) juga menyarankan untuk waktu ganjil genap di DKI itu ditambah," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Menanggapi saran tersebut, Andri mengatakan bakal berkoordinasi lebih dulu dengan Dirlantas Polda Metro Jaya. Mantan Camat Jatinegara ini pun meminta agar saran tersebut dibahas dalam forum lalu lintas.

"Nanti Dirlantas yang mengundang BPTJ. Mekanisme kaya apa, usulannya seperti apa, dan tahapannya bagaimana," kata dia.

Dalam koordinasi informal itu, Dishub dan BPTJ juga membahas evaluasi sistem ganjil genap di Tol Cibubur II. Pasalnya terjadi penumpukan di beberapa pintu keluar seperti di pintu Tol Tomang, Jakarta Barat.

"(Pembahasan) terkait salah pengaturan waktu traffic light seperti di Tomang. Pokoknya yang berhubungan dengan pintu keluar tol," tutur dia.

Baca: Pengendara Protes Aturan Ganjil-Genap di GT Cibubur II

Aturan ganjil genap untuk kendaraan pribadi atau golongan I dan II diujicobakan di Gerbang Tol Cibubur II mulai hari ini. Kebijakan ini diterapkan untuk mengurai kemacetan di ruas Tol Jagorawi.

Sebelumnya, aturan ganjil genap sudah diberlakukan di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Sistem yang sama juga tengah diuji coba di Tol Tangerang menuju Jakarta.




(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SISTEM GANJIL GENAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018