DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.914.488.519 (18 AGUSTUS 2018)

6.000 Mobil Grab Dipastikan Bebas Ganjil Genap

Nur Azizah - 09 Agustus 2018 07:48 wib
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Jakarta: Sebanyak 6 ribu mobil aplikasi Grab akan bebas dari kebijakan ganjil genap. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, 6 ribu mobil itu telah memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang angkutan umum tidak dalam trayek.

"Jadi ganjil genap tidak (berlaku) untuk armada mereka yang sudah berstiker dan uji kir. Sudah ada 6 ribu yang berstiker," kata Sandi di Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 9 Agustus 2018.

Sandi menyampaikan, 6 ribu kendaraan milik pengemudi Grab telah masuk kategori angkutan umum. Namun, Pemprov DKI akan berdiskusi lebih lanjut dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

"Posisi kami di Pemprov adalah melakukan sesuai peraturan dan ketentuan. Selama itu peraturan dan ketentuannya memperbolehkan tentunya kita akan berkoordinasi dengan BPTJ untuk mengakomodasi. Tapi kalau misalnya tidak sesuai ketentuan tentu tidak ada toleransi juga," terangnya.

Sandi mengatakan, ada sekitar 14 ribu kendaran Grab yang sudah uji kir. Namun, baru 6 ribu yang memiliki stiker tersebut. 

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga membebaskan ganjil genap untuk penyandang disabilitas. Kebijakan itu tertuang di dalam Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap Selama Penyelenggaraan Asian Games 2018.

Pada pasal 4, disebutkan bahwa mobil yang membawa masyarakat disabilitas tidak diberlakukan sistem ganjil genap. 

"Khusus untuk penyandang disabilitas memang ada pengecualian," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Keringanan itu diberikan, lantaran penyandang disabilitas harus menggunakan kendaraan khusus yang sudah dirancang. Mereka tidak gampang berpindah kendaraan.

"Jadi mobil mereka di dalamnya itu pakai kursi roda,” imbuh dia

Mantan Mendikbud RI ini berencana memberi stiker khusus untuk mobil khusus penyandang disabilitas. Sembari menunggu stiker itu diberikan, penyandang disabilitas bebas melintas di jalan manapun.

“Saya sudah diskusi dengan Dishub. Nanti akan kami kasih stiker khusus yang diberikan kepada penyandang disabilitas. Sekarang ini kalau dia disabilitas dan diberhentikan bisa jalan,” pungkasnya.


(LDS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TAKSI ONLINE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-08-2018