Wajib Garasi Belum Jadi Syarat Penerbitan STNK

Arga sumantri - 14 September 2017 11:26 wib
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul --Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul --Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi belum memasukkan syarat wajib garasi dalam penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Polisi masih berpegang pada aturan yang berlaku di undang-undang maupun Peraturan Kapolri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, saat ini permohonan penerbitan atau perpanjangan STNK masih seperti biasa. STNK bisa terbit asal syarat faktur, cek fisik dan KTP terpenuhi.

"Bagi polisi, kembali pada aturan yang berlaku," kata Martinus di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 14 September 2017.

Baca: Wajib Garasi Syarat Penerbitan STNK Tunggu Perintah Djarot

Polisi juga tidak membatasi penerbitan STNK atas dasar tahun atau jenis kendaraan. Terlebih, soal wajib garasi dalam penerbitan STNK yang masih dalam tahap kajian. "Itu wacana kan. Belum jadi sebuah diskusi yang serius," ungkap Martinus.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pengendara yang hendak membeli mobil melampirkan surat keterangan memiliki garasi. Kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil pribadi itu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

"Begitu ada surat keterangan punya garasi, baru boleh punya mobil," kata Djarot, Rabu 6 September 2017.

Baca: Aturan Mobil Wajib Bergarasi Membuka Celah Pungli

Ditlantas Polda Metro Jaya mengaku belum bertemu dengan Pemprov DKI soal wacana itu. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan belum akan menerapkan aturan itu dalam penerbitan STNK.

"Karena belum ada pembicaraan juga soal hal tersebut. Karena penjabaran dari Perda juga harus dalam Peraturan Gubernur. Karena itu saat ini belum kami berlakukan dan belum ada juga Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012," kata Halim Rabu 13 September 2017.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILIK MOBIL WAJIB PUNYA GARASI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017