Pertumbuhan Kendaraan di Jakarta Memprihatinkan

M Sholahadhin Azhar - 13 September 2017 11:50 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepemilikan kendaraan roda empat pribadi di Jakarta sudah sedemikian banyak. Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko pertumbuhannya memprihatinkan. 

"Memprihatinkan, karena setiap hari ada 300 hingga 400 pengajuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk mobil," kata Sigit kepada Metrotvnews.com, Rabu 13 September 2017.

Kondisi itu diperparah lahan di DKI Jakarta yang luasnya tetap, tidak bertambah. Sigit menuturkan, fenomena mobil tanpa garasi ini muncul karena beberapa sebab. 

Yang paling utama adalah budaya kebendaan. Dia menyebut, orang Jakarta bisa disebut sukses jika memiliki kendaraan roda empat yang dapat dipamerkan di kampung halaman. 

Nah, budaya tersebut didukung uang muka ringan dari perusahaan penjual mobil atau leasing. Terlebih, masyarakat Jakarta melihat ketersediaan rumah dengan harga miring bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Akhirnya, mereka lebih memilih punya mobil.

Seharusnya, kata Sigit, masyarakat Jakarta yang mayoritas cerdas dan mampu berpikir strategis, bisa melihat sisi fungsional dari kepemilikan kendaraan roda empat. Pemerintah Ibu Kota juga tengah mengedepankan optimalisasi kendaraan umum. 

Sejumlah fasilitas seperti MRT, LRT dan perluasan wilayah kerja TransJakarta sedang dilakukan. Ditargetkan, pada 2019 nanti masyarakat akan beralih menggunakan kendaraan umum dibandingkan moda pribadi. 

Salah satu cara untuk mendorong hal ini adalah dengan kewajiban garasi untuk pemilik mobil. Saat ini Pemprov DKI melalui Dishub dengan Kepala Korlantas Polda Metro Jaya tengah berkoordinasi.

"Sedang digodok petunjuk teknisnya, sebagai implementasi dari Pasal 140 Perda Nomor 5 Tahun 2014. Sebagai upaya meningkatkan angkutan umum, perpindahan dari kendaraan pribadi dan memerhatikan daya dukung ruang," sebut Sigit.




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILIK MOBIL WAJIB PUNYA GARASI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017