DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.914.488.519 (18 AGUSTUS 2018)

KMT akan 'Disulap' Jadi E-Money

Muhammad Al Hasan - 07 Agustus 2018 16:11 wib
Ratusan penumpang melewati gerbang pintu elektronik Commuter Line di Stasiun Bogor, Jabar, Rabu (12/6/2013). Foto: MI/Ramdani
Ratusan penumpang melewati gerbang pintu elektronik Commuter Line di Stasiun Bogor, Jabar, Rabu (12/6/2013). Foto: MI/Ramdani

Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) berencana meminta izin ke Bank Indonesia untuk bisa mengubah kartu multitrip (KMT) menjadi uang elektronik (e-money). KMT adalah tiket berlangganan khusus pengguna kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek.

VP Corporate Communication PT KCI Eva Chairunisa mengatakan saat ini PT KCI masih berusaha melengkapi sejumlah persyaratan untuk meminta izin ke BI agar KMT bisa beralih menjadi 'openloop'. Saat ini, KMT masih bersistem 'closeloop' dan hanya dipakai khusus di KRL.

"Perizinannya banyak yang harus dipenuhi. Bila sudah lengkap baru kita ajukan. Kita masih melengkapi dari sisi internal dulu," kata Eva kepada Medcom.ID, Selasa, 7 Agustus 2018.

Bila sudah diberikan izin, kata Eva, maka fungsi KMT akan lebih luas dan terintegrasi dengan skema transaksi lain seperti halnya e-money.

"Setelah jadi e-money kita berharap KMT bisa digunakan untuk moda transportasi lain seperti MRT (angkutan cepat terpadu), Transjakarta, atau LRT (kereta ringan). Terpenting platform-nya secara sistem sudah sama," ujar Eva.

Kendati demikian, PT KCI sudah lama melayani pembayaran tiket KRL menggunakan e-money. "Saat ini (e-money) yang bisa digunakan di KRL berasal dari empat bank," ujar dia.

Baca: Pemeliharaan Sistem e-Ticketing, PT KCI Siapkan Tiket Kertas

PT KCI mulai memperbarui sistem penggunaan tiket sejak 21 Juli lalu. Pembaruan sistem ini dimulai dengan menarik KMT edisi awal.

Namun, pembaruan sistem ini sempat bermasalah. Semua jenis kartu, baik itu KMT, kartu harian berjaminan, hingga e-money tak bisa digunakan. PT KCI bahkan sempat menggunakan sistem manual hingga Senin, 23 Juli. Akibat gangguan ini, penumpang di hampir semua stasiun mengalami kesulitan untuk mengakses KRL.


(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KRL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-08-2018