Bongkar Pasang SKPD DKI Diminta Rampung Bulan Ini

M Sholahadhin Azhar - 16 April 2018 14:24 wib
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. MI/Rommy Pujianto.
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Wakil Ketua DPRD Jakarta M Taufik meminta Pemprov DKI segera merampungkan rumusan SKPD baru. Politikus Gerindra ini menilai banyak kepala dinas yang tak cocok dengan program Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.

"Saran saya akhir bulan ini mesti kelar itu. Ganti saja orang yang enggak komit. Yang enggak kompeten," kata Taufik di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Menurut dia, perlu ada evaluasi mental terhadap semua kepala dinas. Sebab, secara tes kompetensi biasa, bisa dikatakan semua kepala dinas memenuhi syarat. Namun, belum tentu bisa melewati tes mental.

Baca: Tak Ada Tenggat Waktu Evaluasi SKPD

Taufik juga menyebut, latar belakang sosok yang akan dipilih sangat berpengaruh. Pemprov perlu mempertimbangkan hal itu.

"Latar belakang pendidikan pengaruh kepada sikapnya. Udahlah, misalnya bidang pamong  pindahin ke pamong, jangan masukin dinas teknis, ribet," kata Taufik.

Ia menilai, saat ini ada banyak kepala dinas yang ditempatkan tak sesuai dengan latar belakangnya. Taufik mencontohkan, latar belakang Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Dian Ekowati yang merupakan seorang dokter gigi. 

Baca: DKI Jakarta Kekurangan Penyidik PNS

Baiknya, menurut dia, jajaran kepala SKPD harus berlaku sebagai menteri buat kepala daerah. Segala hal teknis yang menyangkut tata kelola pemerintah harus dikuasai masing-masing Kadis.

"Kalau ada orang bertanya yang bidang dia, enggak perlu lagi Gubernur yang menjawab dong. Evaluasi ya, menyeluruh. Penting untuk birokrasi," kata Taufik.


(DRI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMPROV DKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018