Mesin Parkir di Kelapa Gading Masih Aktif

M Sholahadhin Azhar - 07 Desember 2017 02:20 wib
Juru Parkir di Kawasan Kelapa Gading/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Juru Parkir di Kawasan Kelapa Gading/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Jakarta: Peralihan pengelolaan mesin parkir oleh UP Perparkiran Dishub DKI Jakarta tengah berlangsung di Jalan Sabang dan Boulevard, Kelapa Gading. Pun demikian proses itu tak bisa dibilang mulus, sebab mesin parkir di Kelapa Gading masih aktif.

"Sejak dua hari lalu (Senin) diambil alih Dishub, tapi mesin masih nyala," kata salah satu petugas parkir Mohamad kepada Medcom.id di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 6 Desember 2017.

Penggunaan mesin berkurang drastis meski mesin masih aktif. Juru parkir pun yang meminta pengguna motor dan mobil di Jalan Boulevard untuk membayar tunai. Alasannya karena pengelolaan berganti ke Dishub, bukan ke PT Mata Biru.

"Kita kan dikelolanya sama Dishub sekarang, kalau bayar tap kan uang ke Mata Biru. Jadi kita minta bayar tunai," imbuh Mohamad.

Baca juga: Dishub DKI Bakal Buka Tender Mesin Parkir Jalan Sabang

Untuk sehari, petugas di sana wajib menyetor Rp100 ribu ke pihak Dishub, sementara sisanya boleh dibawa pulang. Kondisi tersebut tak sama dengan pengelolaan parkir di Jalan Sabang. Seluruh hasil parkir harus disetorkan, juru parkir hanya menerima uang makan Rp100 ribu selama masa peralihan.

"Sekarang manual. Kita setor uang parkir ke Dishub tiap hari, saya shift dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang," kata juru parkir bernama Chairi di Jalan Sabang.

Baca juga: Petugas Akui Parkir di Sabang Ramai tapi Hasil tak Memuaskan

Hal tersebut dibenarkan Petugas UP Perparkiran Dishub DKI, Salman. Untuk sementara ini pihaknya hanya mengakomodir uang makan Rp100 ribu per hari. Kebijakan itu sekaligus memantau pendapat harian dari lahan parkir, untuk memformulasikan nominal gaji yang pas.

"(Gaji) Nanti tergantung perusahaan yang menang tender.  Kita serahkan hasil survey mengenai gaji yang pas ke mereka," kata Salman.


(CIT)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARKIR METER ELEKTRONIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA METRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017