Saksi Paslon 1 Pilkada Yogya Walk Out di 4 Kecamatan

Patricia Vicka - 17 Februari 2017 17:19 wib
Rekap suara PPK Gondosuman, Kota Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)
Rekap suara PPK Gondosuman, Kota Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Proses rekapitulasi surat suara di sejumlah kecamatan di Kota Yogyakarta diwarnai sejumlah aksi protes. Bahkan, beberapa saksi dari pasangan calon nomor urut satu, Imam Priyono-Achmad Fadli keluar dari lokasi penghitungan.

Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta Agus Muhammad Yasin mengatakan kejadian walk out terjadi selama dua hari proses rekapitulasi di empat kecamatan yakni Danurejan, Mergangsan, Umbulharjo, dan Kotagede. 

"Saksi minta pengecekan semua surat suara tidak sah. Namun, ditolak PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Ada pula yang diperbolehkan membuka sebagian. Namun, akhirnya saksi memilih WO," jelas Agus melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Ia menjelaskan tindakan pengecekan surat suara tidak sah diperbolehkan asal ada kesepakatan seluruh saksi dari kedua calon, Panwas, dan PPK, disertai bukti yang kuat. Selama tidak ada bukti kuat, pengecekkan surat suara tidak sah tidak diperkenankan.

Ia menegaskan selama proses penghitungan di TPS, pihaknya tak menemukan adanya protes atau laporan saksi dugaan pelanggaran atau kesalahan.

"Seharusnya kalau ada kesalahan atau dugaan, saksi saat di TPS sudah melaporkan. Tapi kemarin tim panwas tidak menerima adanya keberatan," katanya.

Sementara itu Ketua Tim Sukses paslon pertama Danang Rudiatmoko mengatakan pihaknya meminta pengecekan ulang surat suara tidak sah karena ingin memastikan tidak ada kesalahan dalam menentukan sah atau tidaknya surat suara. 

"Surat suara enggak sah jumlahnya cukup banyak ada 14 ribuan. Kami hanya ingin memastikan di mana letak kesalahannya," jelasnya di kantor DPC PDIP Kota Yogyakarta.

Pihaknya akan terus mengawal dan meminta kepada seluruh saksi untuk memeriksa surat suara tidak sah.

Salah seorang saksi di PPK Danurejan dan Kotagede Antonius Fokky membenarkan adanya walk out di Kecamatan Danurejan. Tindakan ini dilakukan sebab pihak PPK dan Panwas menolak permintaan saksi paslon pertama untuk memeriksa surat suara tidak sah.
 
Hingga kini sudah lebih dari 10 dari 14 kecamatan di Kota Yogyakarta yang sudah selesai melakukan rekapitulasi surat suara. Empat kecamatan yang masih melakukan penghitungan suara adalah Wirobrajan, Danurejan, Mergangsan, dan Mantrijeron.

Pilkada Yogyakarta diikuti dua pasangan calon. Nomor satu, Imam Priyono-Ahcmad Fadli dan nomor dua, Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi.


(SAN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017