Mekanisme Penetapan DPT untuk Putaran Kedua

- 17 Februari 2017 18:12 wib
Ilustrasi penetapan DPT. (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi penetapan DPT. (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta menyiapkan mekanisme penentuan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkada putaran kedua. Penetapan DPT putaran kedua akan berbeda saat KPUD DKI menetapkan DPT pertama.

"Kalau ada putaran kedua kita tidak akan melakukan verifikasi atau coklit kembali dari rumah ke rumah tapi kita mengumpulkan DPT putaran pertama ditambah DPTb ditambah potensial DPTb," kata Komisioner KPUD DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos dalam Buletin Pilkada, Jumat (17/2/2017).

Penambahan potensial DPTb, kata Betty, dilakukan lantaran masih banyak warga yang membuat surat keterangan pengganti KTP-el ke Dinas Dukcapil setempat. Setelah jumlah tersebut terkumpul akan dikurangi dengan daftar pemilih yang tidak memenuhi syarat, salah satunya karena meninggal dunia.

"Sebelum kami menetapkan DPT putaran kedua, jika ada putaran kedua, masyarakat mengecek dulu sebelum ditetapkan sebagai DPT. Karena kalau sudah ditetapkan DPT tidak ada ruang lagi untuk mengubah daftar pemilih," katanya. 

Untuk memastikan masyarakat sudah terdaftar sebagai DPT, Betty menyarankan agar masyarakat mengakses sidalih.kpu.go.id, masukkan NIK KTP dan akan terlihat apakah warga sudah masuk dalam DPT atau belum.

"Kalau sudah terdaftar maka itu sudah aman dalam DPT kita, sehingga partisipasi dan tanggapan masyarakat sungguh-sungguh akan terjadi kalau ada putaran kedua," jelasnya.

 


(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-09-2017