NasDem Upayakan Ridwan Kamil Tetap Jabar 1

Whisnu Mardiansyah - 29 Agustus 2017 06:12 wib
Ketua DPP Partai NasDem Taufiq Basari. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ketua DPP Partai NasDem Taufiq Basari. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Nasional Demokrat (NasDem) masih mengupayakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk posisi calon gubernur Jawa Barat. Keputusan majunya Kang Emil, sapaan Ridwan, menunggu pembahasan internal di partai lain.

"Komunikasi politik masih berlangsung dan berjalan, tinggal tunggu proses yang ada di partai lain," kata Ketua DPP Partai NasDem Taufiq Basari kepada Metrotvnews.com, Senin 28 Agustus 2017.

Taufiq enggan berspekulasi jika pada akhirnya kesepakatan jatuh pada keputusan Sang Arsitek itu ditempatkan sebagai calon wakil gubernur. Partainya masih mengupayakan Emil sebagai Jabar 1.

"Sementara kita masih dalam posisi nomor satu. Kita masih usung RK (Emil) sebagai nomor satu," kata Taufik.

Komposisi koalisi partai nantinya juga akan menentukan siapa calon yang bakal menemani Emil. NasDem menyerahkan sepenuhnya cawagub kepada koalisi parpol. Mengingat, jumlah kursi NasDem tak mencukupi jika harus mengusung sendiri Emil.

Ia juga enggan terburu-buru mendeklarasikan komposisi pasangan. "Kalau nanti sudah cukup fix, kita bersama-sama menentukan siapa calonnya," ujar dia.

Baca: Ridwan Kamil: PKB Nawarin Wakil

Butuh 20 kursi DPRD bagi parpol atau gabungan parpol untuk bisa mengusung pasangan calon di pilkada Jabar. Komposisi saat ini, dari 100 kursi, PDI perjuangan memiliki 20 kursi, menyusul Golkar (17), Demokrat (12), PKS (12), Gerindra (11), PPP (9), PKB (7), NasDem (5), PAN (4), dan Hanura (3).

Beberapa partai besar telah membentuk koalisi. Gerindra dan PKS sepakat bersatu untuk mengusung Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu.

PDI Perjuangan-Golkar juga telah mantap berkoalisi. Namun, belum ada calon kuat yang dimunculkan. Dan Ridwan Kamil sejauh ini baru didukung Partai NasDem.




(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JABAR 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017