Saran Soekarwo bila Khofifah-Emil Ingin Menang

Amaluddin - 12 Januari 2018 18:58 wib
Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Foto: Antara/Rosa Panggabean
Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Surabaya: Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo menyarankan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak berbagi tugas saat turun ke masyarakat. Sebab, kampanye berbarengan justru tidak efisien.

"Saya beri saran agar keduanya berpisah, sendiri-sendiri ketemu dengan masyarakat, itu lebih efisien dan mengena," kata Pakde Karwo, di Surabaya, Jumat, 12 Januari 2018.

Menurut Pakde Karwo, cara itu dia lakukan saat maju sebagai cagub Jatim bersama Saifullah Yusuf pada Pilgub Jatim 2013. Dirinya bersama Gus Ipul tidak menggelar kampanye bersama-sama di satu tempat.

Tak hanya itu, Pakde Karwo juga menyarankan agar Khofifah-Emil mengurangi kampanye bergaya ceramah ke masyarakat. Sebab, ketemu dan menyapa masyarakat lebih bagus ketimbang ceramah.

"Jangan mempunyai cara berpikir rakyat perlu dicerdaskan. Karena masyarakat sekarang sudah cerdas semua. Ketemu dan menyapa rakyat lebih pokok, itu saran kita. Tapi terserah aktor cagub dan cawagubnya," ujarnya.

Pakde Karwo mengatakan Khofifah-Emil masih punya banyak waktu bergerilya menemui masyarakat di 38 kabupaten/kota di Jatim. Ia berharap keduanya memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk menggalang dukungan.

"Masih ada waktu lima bulan, itu masig panjang sekali. Jangan kemudian isinya itu-itu saja terus. Tapi isu pokoknya yang perlu dipahami," katanya.

Isu yang dimaksud Pakde Karwo adalah isu lokal. Ada pendekatan wilayah, tapi ada juga pendekatan yang spesifik. "Tiap daerah isunya sendiri-sendiri. Peta politik seperti itu yang kemudian sudah dibuat survei dan diberikan kepada aktornya (cagub dan cawagub, red)," katanya.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-04-2018