KPU Mengakui Banyak yang Coba Retas Server Situng

Nur Azizah - 17 Februari 2017 12:04 wib
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno--Metrotvnews.com/Wanda Indana
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno--Metrotvnews.com/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Server Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU RI hampir diretas. Syukur Tim Informasi dan Teknologi (IT) KPU RI mampu menangkalnya.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, upaya peretasan itu terjadi pada Kamis, 16 Februari 2017. "Tim kami cukup kuat untuk mendeteksi serangan-serangan itu. Ada upaya peretasan tapi tidak sampai KO. Paling agak kelimpungan sedikit," kata Sumarno di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Februari 2017.

Sumarno menyatakan, server KPU RI sudah pulih kembali. Kejadian tersebut tidak memengaruhi hasil Situng.
 
Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay mengamini banyak yang berupaya meretas jaringan Situng. Hadar menekan, upaya tersebut tidak berhasil.

"Tidak mengganggu hasilnya. Jadi hasil di sini itu sudah hasil hitungan TPS. Kalau teman-teman ada yang kurang yakin, silakan cek TPS-nya itu jumlah suaranya semua," ungkap Hadar.

Baca: 1,6 Juta Warga Jakarta Golput di Pilkada DKI

Hadar mengakui server Situng sempat down. Hal itu sengaja dilakukan untuk menata peralatan dan jaringan Situng.


Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengamati layar monitor saat uji coba aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pilkada di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (18/1)--MI/ARYA MANGGALA

Hadar menyampaikan beban kerja server Situng sangat berat. Ada 101 daerah yang mengunggah formulir C1.
"Di waktu bersamaan, masyarakat banyak yang ingin melihat hasilnya. Dengan beban yang begitu tinggi, kami ingin perlengkapan kami ini berjalan dengan lancar. Terlihat sudah mulai berat sekali, makin lambat sehingga kami rapikan," terangnya.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 27-02-2017