TB Hasanudin Komentari Foto Posisi Salat yang Viral

Jaenal Mutakin - 13 Januari 2018 13:25 wib
Bakal calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin. Foto: Medcom.id/Oktavianus Dwi Pranata
Bakal calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin. Foto: Medcom.id/Oktavianus Dwi Pranata

Bandung: Bakal calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin angkat bicara tentang fotonya saat salat berjamaah bersama Anton Charliyan. Foto tersebut viral dan banyak dikomentari warganet karena Anton berdiri di sebelah kiri TB Hasanudin saat menjadi makmum.

Dalam akun miliknya, TB Hasanudin menyebut kejadian tersebut berlangsung saat dia salat Magrib di rumah tokoh sepuh Jawa Barat, Letjen (Purn) Solihin Gautama Purwanegara (Mang Ihin). Saat itu dia salat sendiri. Namun kemudian Anton ikut salat dan menjadi makmum.

"Saat itu saya salat di tempat yang (ruangnya) terbatas. Tiba-tiba Pak Anton ikut salat di sebelah kiri kiri saya, karena di kanan (saya) ada sofa," kata TB Hasanudin seperti yang dikutip dari akun miliknya.


Foto salat berjamaah TB Hasanudin dan Anton Charliyan yang viral dan banyak dikomentari negatif. Foto: Istimewa

Politikus PDI Perjuangan itu menyatakan dia paham jika dua orang salat berjamaah, makmum hendaknya berposisi di sebelah kanan. Tapi hal tersebut tidak bisa dilakukan karena keterbatasan tempat.

"Insyaallah saya memahami rukun, wajib dan sunah salat," tegasnya.

Foto TB Hasanudin dan Anton Charliyan ini viral di media sosial. Foto ini banyak menuai komentar negatif dan sindiran.

"Maaf Pak Anton, katanya pernah jadi anak santri. Maaf maaf banget Pak. Kalau salat berjamaah makmum adanya di sebelah kanan. Tolong jangan merusak tatanan aturan dalam salat," kata sebuah akun.

Akun lain pun bernada sama, "ngakuna urang (mengakunya orang) pesantren."


Komentar warganet yang melirik negatif posisi salat berjamaah TB Hasanudin dan Anton yang salah dikritik akun Abas Somantri. Menurutnya posisi salat yang salah di tempat terbatas seharusnya tidak dipermasalahkan. Seharusnya yang dipersoalkan jika seorang muslim justru tidak sholat.

"Islam itu sangat legowo, Jadi dalam posisi apapun, bahkan sambil tidur pun, salat bisa dilakukan kalau memiliki keterbatasan," ujarnya.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-04-2018