Demokrat Wacanakan Poros Baru di Pilkada Jabar

Husen Miftahudin - 08 September 2017 14:02 wib
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto. Foto: Metrotvnews.com/Gervin
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto. Foto: Metrotvnews.com/Gervin

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat berencana membuat poros baru untuk pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini ingin mendorong kadernya bersaing dengan tokoh-tokoh yang sudah lebih dulu menyatakan niat merebut kursi Jabar satu.

"Kita harus punya keunggulan-keunggulan, kita ingin merebut pilkada di Jabar. Misal, kita membuat poros baru untuk merebut suara kiri-kanan tersebut," aku Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Kader Demokrat bisa maju sebagai calon gubernur ataupun calon wakil gubernur. Demokrat akan mencari figur yang menjual untuk mendongkrak elektabilitas.

"(Jumlah kuris) Demokrat kan enggak cukup untuk Pilkada (Jabar). Maka, kita akan berkoordinasi dengan partai dan figur lain," kata dia.

Ditanya siapa figur yang akan diorbitkan, Agus belum memberi bocoran. "Ini masih dipertimbangkan dengan masak," ujarnya.

Butuh 20 kursi DPRD bagi parpol atau gabungan parpol untuk bisa mengusung pasangan calon di pilkada Jabar. Komposisi saat ini, dari 100 kursi, PDI perjuangan memiliki 20 kursi, menyusul Golkar (17), Demokrat (12), PKS (12), Gerindra (11), PPP (9), PKB (7), NasDem (5), PAN (4), dan Hanura (3).

Beberapa partai besar telah membentuk koalisi. Gerindra dan PKS sepakat bersatu untuk mengusung Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu.

PDI Perjuangan-Golkar juga telah mantap berkoalisi. Namun, belum ada calon kuat yang dimunculkan. Dan Ridwan Kamil sejauh ini baru disokong Partai NasDem.




(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JABAR 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017