NasDem Tawarkan Kader 'Top Priority' pada Parpol Koalisi

Amaluddin - 27 Agustus 2017 18:53 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Surabaya: Saat ini, NasDem tengah menjalin komunikasi intensif dengan tiga partai lain, yaitu Golkar, PPP, dan Hanura. Selain untuk menyamakan frekuensi calon gubernur, NasDem juga bakal menawarkan kadernya sebagai calon wakil gubernur untuk diusung bersama di pilgub Jatim 2018.

"Ada dua nama yang jadi pertimbangan untuk cagub, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Tapi, sepertinya kita (empat parpol, red) lebih banyak mengerucut ke Khofifah," kata Wakil Sekjen DPP Partai NasDem Willy Aditya di kantor DPW Partai NasDem Jatim, Jalan Kartini, Surabaya, Minggu 27 Agustus 2017.

Untuk posisi cawagub, lanjut Willy, NasDem memiliki kader internal 'top priority' yang ditawarkan ke tiga parpol (Golkar, PPP, Hanura) untuk dipasangkan dengan cagub yang nantinya bakal diusung bersama. Kader yang dimasud adalah Hasan Aminuddin.

"DPP mengapresiasi kerja-kerja kader selama ini. Kami serahkan kepada Ketua Umum pak Surya Paloh untuk memutuskan maju sebagai cawagub atau tidak," kata politisi yang juga Sekretaris Tim Tujuh DPP Partai NasDem yang mengurusi penjaringan kandidat pilkada ini.

Menurut Willy, NasDem di Jatim diharapkan lebih besar eksistensinya untuk perhelatan pilkada, termasuk pilgub Jatim. "Ada dua level penelitian yang kita gunakan, yaitu kuantitatif untuk mengukur tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat. Bulan depan, hasil survei akan keluar dan menjadi rujukan," katanya.

Sedangkan, penelitian kedua adalah kualitatif. Kandidat yang ingin didukung NasDem harus mau mendukung Jokowi menjadi capres pada Pilpres 2019 untuk periode kedua.

"Komitmennya harus mau mendukung pak Jokowi dua periode sebagai capres 2019 dan kami juga akan mengusung calon yang tegak lurus dengan Pancasila. Ini karena Jatim adalah benteng Pancasila," jelasnya.

Syarat mendukung Jokowi itu juga berlaku bagi kandidat yang maju di pilkada lainnya dan ingin didukung NasDem. Seperti halnya Walikota Bandung Ridwan Kamil yang didukung maju pada Pilgub Jawa Barat 2018. "Caranya untuk di Jatim sama dengan Pilgub Jabar, NasDem mengusung Ridwan Kamil," ujarnya.

Sementara itu, Hasan Aminuddin mengatakan, kemungkinan besar deklarasi kandidat yang diusung NasDem dan koalisinya akan memilih hari nasional, yakni 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Mantan Bupati Probolinggo dua periode ini berani memastikan bahwa Mensos Khofifah Indar Parawansa akan maju Pilgub Jatim 2018. Bahkan, suami Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari ini menegaskan 99 persen Khofifah akan maju.

"Sementara saya sendiri siap kalau memang partai memberi mandat untuk mendampingi bu Khofifah sebagai wakilnya, saya siap menerima amanah itu. Tapi kalaupun tidak, saya akan back up penuh siapapun bacagub yang didukung Partai NasDem," kata Hasan.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATIM 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017