KPU Jateng Tetapkan Jumlah Dukungan Minimal Cagub Independen 1,7 Juta Pemilih

Mustholih - 12 September 2017 16:06 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Semarang: Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah dari jalur independen diwajibkan mengantongi dukungan minimal 6,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Ini berarti calon independen harus mendapatkan 1.781.606 dukungan pemilih.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menjelaskan, jumlah tersebut diambil dari jumlah DPT Pemilu 2018, yaitu 27.409.316 pemilih. "Keputusan itu diambil saat rapat pleno pada 10 September 2017 yang membahas soal daftar pemilih tetap," kata dia di Semarang, 12 SEptember 2017.

Joko menuturkan, sejumlah tokoh lokal Jateng mulai melirik peluang maju di Pilgub Jateng 2018 melalui jalur independen. Mereka sempat mengirimkan delegasi ke KPU Jateng untuk meminta informasi ihwal syarat-syarat maju sebagai calon gubernur perseorangan.

"Mereka tiba secara bergiliran, menanyakan tata cara pendaftaran serta ketentuan basis suara minimal sebagai syarat dukungannya lewat jalur independen," tegas Joko.

Tokoh-tokoh yang mengirimkan delegasinya ke KPU Jateng, antara lain Sigit Prihatmoko, Andri Tri Nugroho, Bekti Wirotomo, dan Bahrun. Seluruhnya berasal dari Semarang. Ada juga perwakilan dari Paguyuban Tikus Piti Indonesia asal Jepara.

Menurut Joko, pemeriksaan syarat minimal dukungan bagi calon independen bakal diselenggarakan pada 22 Oktober-November 2017. Apabila memenuhi syarat, KPU akan melakukan penelitian ganda sekaligus memverifikasi data-data di lapangan.

"Pada 22 Desember, baru dikembalikam ke KPU untuk mendaftarkan diri sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur pada minggu awal Januari 2018," terang Joko.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATENG 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017