Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Hasil Tes Kesehatan Peserta Pilkada di Jateng Diserahkan Lusa

Pythag Kurniati - 13 Januari 2018 15:56 wib
 Pasangan-pasangan bakal calon peserta Pilkada di Jateng usai mengikuti rangkaian tes kesehatan di RSUD dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 13 Januari 2018. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati
Pasangan-pasangan bakal calon peserta Pilkada di Jateng usai mengikuti rangkaian tes kesehatan di RSUD dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 13 Januari 2018. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Rangkai tes kesehatan tujuh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Provinsi Jawa Tengah telah selesai. Hasil tes berupa resume medis akan diserahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah ke KPU Provinsi Jateng lusa.

"Tes kesehatan dua hari ini (Jumat-Sabtu) akan dirapat pleno kan pada Senin, 15 Januari 2018 (lusa)," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr. Moewardi Solo Ikhwan Hamzah, Sabtu, 13 Januari 2018.

Pada rapat pleno, seluruh tim akan berkumpul. Tidak hanya tim dokter dari RSUD dr. Moewardi namun juga tim Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Hasil dari keseluruhan tes akan memunculkan keputusan pasangan bakal calon sehat atau tidak sehat dari tim kesehatan. "Langsung hari itu juga kami serahkan hasilnya ke KPU Jateng. Lalu KPU Jateng akan meneruskan ke KPU Kabupaten/Kota masing-masing," beber dia.

Sesuai peraturan, pasangan bakal calon tidak akan menerima hasil tes karena dokumen rekam medis bersifat rahasia. Rekam medis dan resume kesehatan hanya diserahkan langsung ke KPU.

Bakal calon kepala daerah dari Kabupaten Karanganyar menjadi satu-satunya pasangan yang belum menjalani tes kesehatan. Seperti diketahui, KPU Karanganyar memperpanjang waktu pendaftaran karena hanya ada satu pasangan bakal calon yang mendaftar.

Proses tes kesehatan susulan bagi pasangan bakal calon kepala daerah Karanganyar akan dilakukan dengan prosedur yang sama. Tes kesehatan tetap akan memakan waktu dua hari. Susunan spesialisasi tim dokter pun tidak akan diubah.

Adapun tujuh pasangan bakal calon peserta Pilkada di Jateng yang rampung mengikuti tes kesehatan yakni Achmad Husain-Sadewo Tri Lastiono dan Marjoko-Ifan Haryanto dari Kabupaten Banyumas. Kemudian Zaenal Arifin-Edi Cahyono dan M.Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto dari Kabupaten Magelang.

Kemudian tiga pasangan bakal calon dari Kabupaten Temanggung turut mengikuti tes kali ini. Mereka adalah Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi, Muhammad Al-Khazik-Heri Ibnu Wibowo dan Bambang Sukarno-Matoha.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018