Survei CSG: Karolin dan Sutarmidji Unggul Popularitas dan Elektabilitas

Agung Widura - 27 Agustus 2017 17:36 wib
Direktur Cirus Surveyor Group Kadek Dwita Apriani saat release hasil survei terkait pilgub Kalbar 2018 -- MTVN/Agung Widura
Direktur Cirus Surveyor Group Kadek Dwita Apriani saat release hasil survei terkait pilgub Kalbar 2018 -- MTVN/Agung Widura

Metrotvnews.com, Pontianak: Rilis survei Lembaga Cirus Surveyors Group (CSG) memperlihatkan, Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wali Kota Pontianak Sutarmidji diyakini responden memiliki kemampuan menjadi gubernur Kalimantan Barat pada pilkada 2018. Keduanya sama-sama unggul dalam hal popularitas dan elektabilitas.

"Sejak Juli 2017, kami melakukan survei di 14 kabupaten/kota di Kalbar. Hasilnya, Karolin dan Sutarmidji berada di posisi tertinggi. Masing-masing meraih angka di atas 30 persen dibandingkan calon lainnya," kata Direktur Cirus Surveyor Group Kadek Dwita Apriani di Jalan Gajah Mada, Pontianak, Minggu 27 Agustus 2017.

Kadek menjelaskan, isu ekonomi, infrastruktur, dan pelayanan publik masih mendominasi calon gubernur dan calon wakil gubernur pada pilkada Kalbar 2018. Karolin dan Sutarmidji dianggap memliki pengalaman di bidang pemerintah.

Selain itu, tingkat kepuasan masyarakat Kalbar terhadap peforma kinerja pemprov saat ini juga menjadi perhatian. Lebih dari 50 persen masyarakat menyatakan puas dan hanya sebagian saja yang menyatakan tidak puas.

Namun demikian, masyarakat pada umumnya memiliki aspirasi yang sama soal perbaikan dan pembangunan jalan. Hampir 50 persen responden menginginkan adanya perbaikan agar kualitas pelayanan publik kian memadai.

Survei yang dilakukan CSG ini menggunakan metodologi multi stage random sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 PSU (Primary Sampling Unit) yang tersebar di seluruh Kalbar. Tingkat kepercayaan dalam survei ini 95 persen dengan margin error sebesar 3 persen. Guna menjaga tingkat akurasi dan presisi dalam survei, dilakukan respondent check dan quality control berlapis.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017