DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

4 Pasang Kontenstan Pilgub Riau Jalani Tes Kesehatan

Anwar Sadat Guna - 12 Januari 2018 16:11 wib
Para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 menjalani tes psikologi di salah satu ruangan di Lantai 5 RSUD Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, Jumat, 12 Januari 2018.
Para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 menjalani tes psikologi di salah satu ruangan di Lantai 5 RSUD Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, Jumat, 12 Januari 2018.

Pekanbaru: Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 mulai menjalani tes kesehatan, di RSUD Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, Jumat, 12 Januari 2018. Tes pertama yang dijalani keempat pasangan calon tersebut adalah tes psikologi.

Pantauan Medcom.id, keempat pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur mengikuti tes psikologi di lantai 5 RSUD Arifin Ahmad. Tes digelar di ruangan tertutup sehingga wartawan yang meliput hanya bisa melihat dari balik kaca pintu ruangan tes.

Keempat pasangan calon tersebut, yakni; Lukman Edy-Harianto, Firdaus-Rusli Effendi, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, dan pasangan Syamsuar-Edy Nasution. Seluruh bakal calon kompak mengenakan pakaian kemeja putih. 

Tes psikologi mulai berlangsung sekira pukul 08.05 WIB, dan berakhir sekira pukul 11.15 WIB. Pantauan di lokasi, keempat pasangan calon tampak serius mengerjakan soal psikotes yang diberikan tim penguji. Sesekali ada peserta yang izin ke toilet. 

Tempat duduk empat pasangan calon dipisahkan untuk memudahkan tim penguji menyodorkan soal dan memantau jalannya tes. Tepat sekira pukul 11.15, para peserta keluar dari ruangan. 

"Terus terang, saya agak deg-degan tadi mengikuti tes (psikologi) ini. Ada empat tahapan tes yang dilalui tadi. Ada berupa pertanyaan, menjawab pilihan gambar, menjawab soal (gambar) kotak, dan menggambar pohon," ujar Arsyadjuliandi begitu keluar dari ruangan. 

Ia mengaku, tes kali ini berbeda dengan tes-tes sebelumnya. Sehingga membutuhkan kemampuan dan berpikir yang baik. "Harus benar-benar konsentrasi untuk menjawabnya," kata petahana Gubernur Riau ini. 

Berbeda dengan Syamsuar. Bupati Kabupaten Siak ini mengaku santai menjawab seluruh soal yang diberikan penguji dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Riau. Ia juga mengaku menjawab seluruh soal dalam tes psikologi tersebut.

"Santai saja dan berjalan lancar. Tes ini khusus untuk mengetes pribadi, IQ, dan kemampuan pengetahuan kita. Total ada sekira 220 soal dan semuanya bisa dijawab," kata Syamsuar. Soal pertanyaan menggambar pohon, calon gubernur ini juga menjawab santai. 

"Saya tadi menggambar pohon durian, karena pohon durian lagi berbuah di Siak," ujarnya sembari tertawa santai. Bakal calon Wakil Gubernur Riau, Harianto mengaku tak ada persiapan khusus dalam menjalani tes di hari pertama ini. 

Ia mengaku aktivitas yang dilakoni sama seperti hari sebelumnya. "Tes tadi berjalan lancar. Memang butuh konsentrasi dan pemikiran untuk menjawab seluruh soal. Ada ratusan soal yang harus dijawab," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzelly Husnedi mengatakan, tes kesehatan terhadap bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 akan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu, 12-13 Januari 2018. 

Tes kesehatan akan dibagi dua sesi, yakni di hari pertama adalah tes psikologi dan psikiatri (tes kesehatan jiwa) melalui wawancara tatap muka dan hari kedua adalah tes fisik, termasuk pemeriksaan darah dan urine. 

"Tes psikologi berlangsung selama tiga jam. Dan psikiatri akan dilalui para calon mulai sore sekira pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB. Tiap bakal calon ada sesinya, jadi tidak bersamaan sekaligus mengikuti tes psikiatri," ujarnya. 

Untuk pemeriksaan fisik, sambung dr Nuzelly, dilakukan Sabtu, 13 Januari 2018. Para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 akan menjalani pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah dan urine. 

"Tim yang terlibat dalam tes kesehatan bakal calon berasal dari, IDI, BNNP Riau, dan Himpsi. Semuanya bekerja secara independen dan profesional, serta memiliki kemampuan di bidangnya," pungkasnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 20-10-2018