Metro Pagi Prime Time

Isu Primordial Dimungkinkan Tetap Ada pada Putaran Kedua

- 17 Februari 2017 11:25 wib
Ilustrasi kampanye pilkada tanpa SARA.
Ilustrasi kampanye pilkada tanpa SARA.

Metrotvnews.com, Jakarta: Analis Politik Djayadi Hanan menilai isu primordial tetap akan mewarnai Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Kata dia, isu primordial itu biasanya terjadi di pemilih tingkat bawah.

"Yang bertarung di Pilkada bukan hanya paslon, tapi pendukung, juga simpatisan yang tidak masuk timses resmi. Kalau kita lihat itu, semua isu bermain, isu agama, etnis dan lain-lain sesuai keyakinan masing-masing," kata Djayadi, dalam Metro Pagi Primetime Metro TV, Jumat (17/2/2017).

Meski masih akan terjadi, Djayadi mengatakan isu primordial itu tidak akan bermain di kalangan elit. Sebab semua pihak tak hanya partai pendukung dan pasangan calon, timses yang terdaftar secara resmi pun sudah berkomitmen tidak akan menggunakan isu itu untuk mendongkrak suara.

"Tapi lebih terkait program, visi misi calon, karakteristik atau kualitas personal calon yang jadi komitmen," katanya.

Menurut Djayadi, bagaimanapun isu primordial seperti agama, suku, bahkan tingkatan sosial tetap akan terjadi, tinggal bagaimana tim mengatur agar tidak menimbulkan gesekan di akar rumput. Apalagi, saat ini pemilih di Jakarta memang terbelah.

"Simpelnya kita bisa mengatakan pro Ahok dan antiahok. Kalau menggunakan isu itu, kebanyakan pendukung Agus yang antiahok dan yang punya keuntungan elektoral adalah Anies-Sandi," katanya.

Namun, kata Djayadi, tak menutup kemungkinan limpahan suara juga beralih ke Ahok-Djarot. Dengan catatan tiga partai yang sebelumnya mendukung Agus, yakni PPP, PKB, dan PAN balik mendukung Ahok-Djarot.

"Jadi kembali lagi ini Jakarta. Pemilih cenderung mandiri, tantangan Ahok di tingkat elit adalah menyambungkan dukungan partai sekaligus grassroot," katanya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 27-02-2017