Bawaslu Kalbar Lantik 42 Anggota Panwaslu

Agung Widura - 24 Agustus 2017 15:48 wib
Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah melantik 42 anggota panwaslu -- MTVN/Agung Widura
Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah melantik 42 anggota panwaslu -- MTVN/Agung Widura

Metrotvnews.com, Pontianak: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat melantik 42 anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 14 kabupaten/kota pada penyelenggaraan pilkada 2018. Anggota Panwaslu yang dilantik ini sebelumnya telah menjalani seleksi dari Bawaslu.

"Saat ini, kita masih menggunakan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Ini berarti satu kabupaten hanya tiga anggota panwaslu," kata Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah di Pontianak, Kamis 24 Agustus 2017.

Ruhemansyah menjelaskan, penerapan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum rencannya baru diterapkan pada 2018. Pada peraturan baru tersebut, anggota panwaslu di setiap kabupaten disyaratkan lima orang.

Kabupaten/kota yang anggota panwaslunya bakal ditambah menjadi lima orang, yaitu Pontianak, Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Ketapang, dan Kabupaten Sambas. "Dipilihnya lima kabupaten/kota tersebut berdasarkan dari aspek luas wilayah daerah dan kepadatan penduduk yang cukup tinggi," terang Ruhemansyah.

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya berpesan, anggota panwaslu yang baru saja dilantik agar tetap menjaga netralitas. Kalbar akan menyelenggarakan pilkada 2018 dan berharap bisa menyelenggarakan pemilu aman, jujur, dan tertib.

"Karena suara rayat adalah suara Tuhan," ungkap Christiandy.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BAWASLU
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017