Metro Pagi Prime Time

Partai Demokrat Dinilai Sulit Menyeberang ke Ahok-Djarot

- 17 Februari 2017 10:31 wib
Ilustrasi. (ANTARA/Rahmad)
Ilustrasi. (ANTARA/Rahmad)

Metrotvnews.com, Jakarta: Analis Politik Djayadi Hanan menilai kecil kemungkinan elit di Partai Demokrat memberikan dukungannya ke Ahok-Djarot dalam pilkada putaran kedua. Djayadi melihat Partai Demokrat kemungkinan akan bergabung dengan koalisi Anies-Sandi.

"Melihat perkembangan akhir-akhir ini agak sulit untuk (Demokrat) menyeberang ke pasangan Ahok-Djarot. Tampaknya Demokrat lebih kalkulatif, rasional lebih mungkin ke pasangan nomor tiga," kata Djayadi dalam Metro Pagi Primetime Metro TV, Jumat (17/2/2017).

Tantangannya, kata Djayadi, adalah bagaimana menghubungkan antara komunikasi di tingkat elit sebangun dengan apa yang terjadi di akar rumput. Sebab kesinambungan antara akar rumput dan elit partai kerap berseberangan. 

"Memang pemilih di kota besar seperti Jakarta cenderung lebih mandiri mengambil keputusan berdasarkan informasi yang didapatkan. Jadi belum tentu pilihan elit juga dipilih di tingkat bawah," katanya.

Sementara itu, tiga partai pendukung Agus-Sylvi seperti PPP, PAN, dan PKB masih memiliki kemungkinan untuk mendukung Ahok-Djarot. Sebab ketiga partai ini merupakan koalisi pemerintahan yang ikut dalam koalisi bersama PDIP.

"PAN, PPP, PKB bisa secara teoritis diatas kertas  mendukung Ahok-Djarot. Jalurnya melalui PDIP sebagai pendukung pemerintah, kan pimpinan koalisinya PDIP, itu artinya masih ada alasan untuk menyambungkan," jelas Djayadi.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 28-07-2017