NasDem Bidik Calon Pendamping Kang Emil

M Sholahadhin Azhar - 23 Agustus 2017 11:12 wib
Ilustrasi pilgub. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.
Ilustrasi pilgub. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem tengah fokus mencari pendamping untuk Ridwan Kamil di pemilihan kepala daerah (pilkada) Jawa Barat 2018. NasDem telah melakukan penjajakan terkait hal ini. Terutama, soal koalisi dengan partai lainnya.

"Melangkahnya harus hati-hati. Partai mana yang sesuai dengan visi misi kita. Tapi, penjajakan sih sudah ke semua partai," kaya Sekretaris Jenderal Partai NasDem Nining Indra Shaleh kepada Metrotvnews.com, Rabu 23 Agustus 2017.

Pertimbangan berkoalisi ditempuh sebab NasDem tidak bisa sendirian mencari pendamping untuk Wali Kota Bandung itu. Hal ini mengingat di Jawa Barat, NasDem hanya memiliki 5 kursi. Untuk itu, lobi dengan partai lain dilakukan secara intensif.

Nining mengaku, hingga Selasa 22 Agustus 2017, pihaknya masih melobi salah satu partai. Disinggung soal partai siapa yang akan digandeng, ia enggan menyebutnya. Yang jelas, NasDem berusaha maksimal berkomunikasi dengan partai-partai terkait.

"Sekarang tinggal merumuskan opsi-opsi A, B, C-nya," imbuh Nining.

Kendati demikian, NasDem tak ingin buru-buru mendeklarasikan sepaket pasangan calon untuk pilkada Jabar. Pasalnya, mekanisme partai memang mensyaratkan pencalonan yang terukur. Ridwan Kamil dalam survei pun menduduki posisi strategis, terkait kinerja, dan popularitas.

Baca: Soal Pilgub Jabar, Dedi Patuh Putusan DPP Golkar

Sama hal dengan sang pendamping. Calon wakil gubernur harus bisa mengimbangi kinerja dari Ridwan Kamil. "Kita pilih putra terbaik yakni Ridwan Kamil. Maka kita harus survei lagi untuk wakilnya. Koalisi yang kira-kira bisa bekerja sama. Ini untuk bahan Ketum (Surya Paloh) mengambil keputusan," pungkas Nining.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengincar kursi nomor satu di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Pada Maret 2017, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendeklarasikan diri maju dalam pilgub Jabar 2018. 

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan dukungan untuk Emil. Politik tanpa mahar menjadi kesepakatan Kang Emil dengan NasDem.


(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JABAR 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017