Calon Independen Pilgub Jatim Wajib Serahkan 2 Juta KTP

Amaluddin - 08 September 2017 13:59 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Surabaya: Calon perseorangan atau indepeden yang ingin maju pada Pilgub 2018 wajib menyerahkan 2 juta Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendukung. Jumlah itu sesuai yang disyaratkan udang-undang, yakni 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jika syarat ini tak dipenuhi, otomatis calon independen tidak bisa maju pilgub," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Eko Sasmito di Surabaya, Jumat 8 September 2017.

Eko menjelaskan, KTP dukungan calon independen wajib diserahkan ke KPU Jatim sebelum pertengahan November untuk proses verifikasi. Sesuai Pasal 48 Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah, verifikasi dilakukan dua tahap.

Pertama, verifikasi administrasi yang melibatkan KPU kabupaten/kota dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kedua, verifikasi faktual dengan metode sensus. Ini berarti KPU bakal menemui langsung setiap pendukung calon yang menyerahkan KTP-nya.

"Jika ada pendukung yang tidak bisa ditemui, maka pasangan calon diberi kesempatan menghadirkan mereka di Kantor PPS. Jika pasangan calon tak bisa menghadirkan pendukung mereka, maka dukungan calon dinyatakan tidak memenuhi syarat," kata Eko.

Jika proses verifikasi tuntas, maka pada Desember 2017 KPU menerbitkan rekomendasi bagi calon perseorangan. Sementara, untuk calon dari partai politik pendaftaran dimulai pada Januari 2018.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATIM 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017