DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

Legislator Ungkap Kendala Program BPNT

Anggi Tondi Martaon - 16 April 2018 17:56 wib
 Komisi VIII DPR saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara.  Foto: Dok. DPR
Komisi VIII DPR saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Foto: Dok. DPR

Jakarta: Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah berjalan setahun. Namun, masih terdapat masalah dalam hal penyaluran.

Anggota Komisi VIII DPR RI Rahmat Handoyo menyayangkan banyak kendala terhadap penerapan program unggulan pemerintah itu. Dia menilai, salah satu penyebab utama timbulnya masalah penyaluran BPNT adalah tidak akuratnya data yang dimiliki pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial.

“Ya memang ini cukup kita sayangkan kenapa data 2015 digunakan untuk 2017. Tentu ini menjadi satu masalah klasik kita bersama. Data yang selalu jadi persoalan. Nah ini menjadi bahan evaluasi yang kita berikan kepada pemerintah, jangan sampai ini terulang kembali," kata Rahmat dalam keterangan tertulis, Senin, 16 April 2018.

Politikus PDI Perjuangan itu meminta agar permasalahan data segera dievaluasi. "Paling tidak dengan adanya evaluasi tadi, saya kira ada keinginan yang kuat dari pemerintah, khususnya Kemensos maupun dari pelaksana dari kartu itu adalah Bank BRI akan segera mengambil keputusan untuk mencari solusi. Dan saya percaya itu akan bisa terselesaikan dengan cepat,” ungkap dia.

Permasalahan BPNT ditemukan oleh Komisi IV saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Di sana, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menyampaikan kepada anggota dewan bahwa tidak ada saldo pada kartu yang diberikan oleh pemerintah melalui bank penyalur.

Rahmat menyampaikan, berbagai masukan tersebut akan menjadi bahan perundingan bagi Komisi IV bersama pemerintah dan instasi lainya. Diharapkan, berbagai persoalan bisa diselesaikan agar masyarakat bisa menikmati bantuan yang diberikan oleh pemeritah

“Titik optimal sampai pelaksanaan, sampai berhasil  dengan yang diharapkan dan tepat sasaran, masyarakat menerima dengan nyaman, dan tepat waktu, itu yang pantas kita kedepankan untuk program non tunai ini,” kata dia.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018