Mendikbud Minta Dana Desa Digunakan untuk Perpustakaan Desa

Achmad Zulfikar Fazli - 14 September 2017 12:05 wib
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy - MTVN/Achmad Zulfikar Fazli,
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy - MTVN/Achmad Zulfikar Fazli,

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dana desa bisa digunakan untuk kegiatan perpustakaan desa di Tanah Air. Permintaan ini merupakan aspirasi dari pegiat baca.

"Aspirasi pegiat pustaka itu agar dana desa bisa digunakan untuk kepustakaan desa," kata Muhadjir saat memberikan sambutan di acara peresmian Gedung Pelayanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017.

Muhadjir mengatakan, pembangunan Perpusnas merupakan amanat Presiden ke-1 RI Soekarno. Perpusnas dinilai dapat menjadi tempat dan simbol pengetahuan nasional dari bangsa Indonesia.

"Arsitektur ini mengambil konsep bangunan sebagai jendela dunia dan perpustakaan ini juga menjadi simbol untuk menjelajah dunia. Perpusnas ini juga akan mampu menampung 25 juta eksamplar (buku) dalam 20 tahun mendatang," ujar dia.

Menurut dia, Perpusnas telah menjadi jaringan pusat perpustakaan yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Perpusnas diharapkan mampu menghimpun seluruh jaringan perpustakaan di Tanah Air.

"Perpustakaaan nasional ini akan menjadi jaringan pusat perpustakaan di Indonesia. Dengan demikian adanya perpustakan modern akan bisa menghimpun jaringan luas untuk seluruh Indonesia," kata dia.




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DANA DESA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017